Sekolah Pascasarjana IPB University Gelar Rapat Pleno Seleksi Mahasiswa Baru Semester Gasal 2024/2025

Sekolah Pascasarjana IPB University Gelar Rapat Pleno Seleksi Mahasiswa Baru Semester Gasal 2024/2025

Sekolah Pascasarjana IPB University Gelar Rapat Pleno Seleksi Mahasiswa Baru Semester Gasal 2024/2025
Berita

Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University mengadakan Rapat Pleno Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Semester Gasal 2024/2025 (16/5) di Kampus Dramaga. Rapat pleno ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Dekan, Wakil Dekan Sekolah dan Fakultas, Direktur Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan jajaran tim PMB.

Prof Deni Noviana, Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan dalam sambutannya menyampaikan, SPs IPB University terus meningkatkan mahasiswa dari sisi kuantitas dan kualitas, salah satunya melalui akreditasi program studi (prodi). “Beberapa prodi sedang melakukan proses pengajuan akreditasi terbaru dan harapannya mendapatkan hasil yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa terkait dengan prodi-prodi yang mendapatkan hibah dari Direktorat Pendidikan Internasional IPB University salah satu outputnya dapat menyelenggarakan program double degree (DD) dan joint degree (JD). “Harapan kami dengan adanya program DD dan JD dapat menarik minat calon mahasiswa yang akan melanjutkan studi di SPs IPB University,” tambahnya

Prof Dodik Ridho Nurrochmat, Dekan SPs IPB University mengatakan, saat ini selain membuka jalur reguler dan kelas penyelenggaraan khusus, beberapa prodi juga membuka jalur by research. “Dengan semakin banyaknya prodi yang membuka jalur pendaftaran, terutama jalur by research dapat memberikan banyak pilihan calon mahasiswa untuk mendaftar di SPs IPB University,” imbuhnya.

Sementara itu, Prof Agus Buono Wakil Dekan SPs IPB University bidang Akademik dan Kemahasiswaan menuturkan, saat ini SPs IPB University sudah mendapatkan sertifikat ISO 21001:2018 terkait dengan implementasi Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (SMOP), baik untuk penyelenggaran prodi multidisiplin maupun pelayanan administrasi akademik secara keseluruhan program SPs IPB University.

“Selain itu sedang disusun terkait dengan sinergi program magister-doktor (Pendidikan Magister menuju Doktor Sarjana Unggul/PMDSU, misalnya) yang sudah mulai diimplementasikan. Kami juga mengharapkan prodi dapat melakukan promosi melalui podcast yang sudah kami sediakan, selain promosi aktif ke institusi pemberi beasiswa maupun calon mahasiswa,” jelasnya.

Sebelumnya, SPs IPB University sudah melakukan proses pendaftaran secara online mahasiswa baru semester gasal 2024/2025 tahap 1 dari tanggal 26 Februari sampai 30 April 2024. Hasil seleksi penerimaan calon mahasiswa baru diumumkan pada tanggal 21 Mei 2024 yang dapat diakses melalui laman registrasi.admisi.ipb.ac.id. (HBL/Rz)