Sebanyak 30 WNA Ikuti Ujian Online Seleksi Masuk Kelas Internasional IPB University

Sebanyak 30 WNA Ikuti Ujian Online Seleksi Masuk Kelas Internasional IPB University

Sebanyak 30 WNA Ikuti Ujian Online Seleksi Masuk Kelas Internasional IPB University
Berita

IPB University menyelenggarakan ujian online sebagai salah satu rangkaian Seleksi Masuk IPB (SM-IPB) untuk kelas internasional pada (12/5). Pada gelombang I, ujian online ini diikuti oleh 30 pendaftar dari warga negara asing (WNA), terdiri dari 29 warga negara Malaysia dan 1 warga negara Afrika Selatan.

“Tes berlangsung lancar secara online menggunakan sistem Safe Exam Browser (SEB) dan dimonitor menggunakan aplikasi Zoom,” kata Dr Windra Priawandiputra, Asisten Direktur Penerimaan dan Registrasi Mahasiswa Baru, Direktorat Administrasi Pendidikan, IPB University.

Tes SM-IPB Internasional terdiri dari Tes Sains Skolastik yang bersifat Higher Order Thinking Skills (HOTS), Tes Veterinary, dan Tes English Proficiency. Tes dilaksanakan dalam bahasa Inggris.

“Hasil tes dan seleksi masuk IPB University kelas internasional untuk WNA akan diumumkan pada 27 Mei 2024. Pendaftar yang diterima di IPB University dapat mempersiapkan dokumen-dokumen untuk registrasi ulang,” terang Dr Windra.

Untuk diketahui, SM-IPB Internasional merupakan salah satu jalur masuk yang ada di IPB University. Jalur ini khusus WNA yang ingin kuliah di IPB University. Pendaftaran gelombang II, dibuka sejak 6 Mei sampai 19 Juni 2024.

Adapun bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin masuk kelas internasional IPB University dapat mengikuti seleksi Jalur WNI Internasional. Berbeda dengan SM-IPB Internasional, seleksi jalur WNI Internasional hanya berdasarkan nilai rapor dan kemampuan bahasa Inggris.

Pendaftar kelas internasional IPB University yang dinyatakan lolos seleksi akan dimasukkan ke program studi sesuai yang dipilih saat pendaftaran. Saat ini ada 12 program studi yang membuka kelas internasional, yaitu Smart Agriculture, Kedokteran Hewan, Teknologi Pangan, Teknik Industri Pertanian, Bisnis, Ilmu dan Teknologi Kelautan, Manajemen, Agribisnis, Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Ekonomi Syariah, Biologi, dan Kimia. (MHT/Rz)