Mahasiswi IPB University Ini Ikuti Program MSIB Sebagai Social Media Specialist

Mahasiswi IPB University Ini Ikuti Program MSIB Sebagai Social Media Specialist

Mahasiswi IPB University Ini Ikuti Program MSIB Sebagai Social Media Specialist
Student Insight

MSIB atau Magang dan Studi Independen Bersertifikat adalah salah satu program unggulan Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa pengalaman kerja nyata dan kesempatan untuk belajar di luar kampus dengan cara yang terstruktur dan bersertifikat.

Selain pengembangan keterampilan dan kreativitas, mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk membangun jaringan profesional dengan berbagai perusahaan dan institusi. OIeh karena itu, program ini sangat diminati oleh banyak mahasiswa di Indonesia salah satunya Friska Aurelia.

Friska adalah mahasiswi semester 6 Program Studi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi (SV) IPB University. Ia mengikuti program magang MSIB di PT Digital Inisiatif atau yang sering dikenal dengan Kompas Gramedia di Jakarta Pusat. Ia bekerja di bawah tim Marketing Communication sebagai Social Media Specialist di media berita Kontan.

“Saya sangat senang bisa bergabung dengan tim Kontan. Pengalaman ini membuka banyak wawasan baru bagi saya. Kontan adalah media berita ekonomi dan bisnis, saya juga banyak mendapatkan materi terkait bisnis seperti strategi digital marketing,” ujar Friska dengan antusias.

Dalam perannya, ia bertanggung jawab mengelola dan mengembangkan konten media sosial Kontan, mencakup strategi konten, pembuatan postingan menarik, dan analisis kinerja konten.

“Kreativitas dan kecepatan dalam merespons tren di media sosial, sekaligus memastikan informasi atau berita yang disampaikan tetap akurat dan bermanfaat bagi para pembaca menjadi suatu hal yang penting dalam tugas ini,” tambahnya.

Selain mendapatkan keterampilan teknis, Friska juga mengapresiasi pengalaman kerja dalam tim yang solid dan profesional. “Para mentor dan senior di sini sangat baik dan selalu siap membantu. Mereka memberikan banyak saran dan masukan yang membantu saya berkembang,” ujarnya.

Friska menyarankan mahasiswa lain untuk memanfaatkan kesempatan magang seperti ini. “Program MSIB merupakan platform yang sangat baik untuk mengembangkan diri dan memperoleh pengalaman kerja yang relevan. Jangan ragu untuk mencoba dan belajar hal-hal baru juga menantang,” tutup Friska.

Dengan semangat dan dedikasinya, Friska Aurelia telah membuktikan bahwa program MSIB bisa menjadi jembatan yang efektif menuju karir yang sukses dan memuaskan. Kegiatan Friska di Kontan tidak hanya memberikan pengalaman berharga, tetapi juga inspirasi bagi banyak mahasiswa lainnya yang ingin meraih impian mereka di dunia profesional. (FRS/ASW/Lp).