Mahasiswa IPB University Selenggarakan Sekolah Lapang: MOL Sahabat Petani

Mahasiswa IPB University Selenggarakan Sekolah Lapang: MOL Sahabat Petani

Mahasiswa IPB University Selenggarakan Sekolah Lapang: MOL Sahabat Petani
Student Insight

Mahasiswa IPB University dari Program Studi Teknologi Produksi dan Pengembangan Masyarakat Pertanian Sekolah Vokasi mengadakan kegiatan “Sekolah Lapang: MOL Sahabat Petani” di Kelompok Wanita Tani (KWT) Ciharashas, Kelurahan Mulyaharja, Kota Bogor, 9/5. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait cara pembuatan dan manfaat mikro organisme lokal (MOL) bagi tanaman.

Dr Leonard Dharmawan, dosen IPB University, mengatakan MOL biasanya digunakan sebagai dekomposer pupuk hayati dan sebagai pestisida organik terutama fungisida. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa IPB University itu sesuai dengan profil belajar mereka.

“Sudah bagus penyuluhannya, berjalan secara akrab dan lancar, karena sudah belajar mata kuliah terkait jadi lebih bagus ya proses fasilitasi ya. Sudah cocok untuk jadi penyuluh ini,” ungkap Dr Leonard.

Kegiatan sekolah lapang ini dilaksanakan berupa penyampaian materi oleh mahasiswa mengenai kegunaan MOL dan juga cara pembuatannya. Selain itu, juga dilakukan demonstrasi cara pembuatan dan pengaplikasian MOL pada tanaman bersama ibu ibu KWT Ciharashas.
Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi KWT Ciharashas terutama dalam pemanfaatan sampah dapur organik menjadi MOL.

Ketua KWT Ciharashas, Umiyati menerangkan, kegiatan ini sangat menyenangkan dan juga menambah ilmu terkait pembuatan MOL. “Ibaratnya kan kita semakin menjaga alam, membuat tanah semakin subur, jadi tanaman juga semakin subur. Insya Allah ke depannya bisa kami aplikasikan ke pertanian kami khususnya untuk bertanam sayur mayur,” kata Umiyati.

Ia menerangkan, KWT Ciharashas sebagian besar anggotanya merupakan ibu rumah tangga. Dengan demikian, para anggota KWT Ciharashas tentunya menjumpai sampah dapur organik setiap harinya. Selain itu, KWT Ciharashas ini juga melakukan budidaya tanaman sayur dan buah di pekarangan sekitar saung KWT Ciharashas. (/ra)