LRI i-MAR IPB University Datangkan Delegasi dari INOS-Universiti Malaysia Terengganu Perkuat Kolaborasi Riset

LRI i-MAR IPB University Datangkan Delegasi dari INOS-Universiti Malaysia Terengganu Perkuat Kolaborasi Riset

LRI i-MAR IPB University Datangkan Delegasi dari INOS-Universiti Malaysia Terengganu Perkuat Kolaborasi Riset
Berita

Lembaga Riset Internasional (LRI) Kemaritiman, Kelautan dan Perikanan (i-MAR) IPB University menggelar Guest Lecture dan Collaborative Meeting. Kegiatan ini mendatangkan delegasi dari Institute of Oceanography and Environment (INOS), Universiti Malaysia Terengganu (UMT).

Kegiatan ini merupakan sebuah kolaborasi lintas institusi antara INOS-UMT Malaysia bersama Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dan Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB University. Delegasi UMT yang hadir adalah Prof Ts Mohd Fadzil Bin Mohd Akhir (Director of INOS) dan Prof Wan Izatul Asma Binti Wan Talaat (Head of Center for Ocean Governance INOS).

“Kerja sama dengan UMT dimulai sejak tahun 2018/2019 melalui kegiatan joint workshop antara FPIK IPB University dan Fakultas Pangan dan Perikanan UMT. Kemudian dilanjutkan dengan kerja sama akademik di bidang ocean governance bersama INOS-UMT,” ungkap Kepala i-MAR IPB University, Prof Luky Adrianto.

Dekan FPIK IPB University, Prof Fredinan Yulianda saat membuka acara menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Tujuan kegiatan ini untuk merumuskan kerja sama akademik dan riset di bidang kelautan dan perikanan serta proses implementasinya dari para ahli yang sudah hadir. “Harapan kami pembahasan ini dapat ditindaklanjuti antara IPB University dan UMT,” ujarnya.

Prof Hefni Effendi, Ketua Departemen MSP IPB University menambahkan, tema kegiatan ini akan sangat bermanfaat karena membahas bagaimana ilmu pengetahuan akan memengaruhi kebijakan lebih banyak di bidang tata kelola kelautan yang berkelanjutan. “Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa dapat memahami dan mempelajari ilmu yang sudah disampaikan oleh para narasumber,” tambahnya.

Sementara itu, Prof Yonvitner selaku Kepala PKSPL IPB University dalam sambutan penutup memaparkan isu-isu menarik terkait kebijakan kelautan yang ada saat ini. Adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada IPB University.

“Tujuan diadakan kegiatan ini, selain kolaborasi juga agar para mahasiswa terus belajar dan dapat mengambil pengalaman dengan informasi-informasi yang sudah disampaikan narasumber,” imbuhnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Collaborative Meeting yang dipimpin oleh Prof Luky Adrianto dan dihadiri ketua departemen di lingkungan FPIK IPB University, perwakilan dari Enhancing Marine Biodiversity Research in Indonesia (EMBRIO) FPIK dan Dr Sebastian Ferse, DAAD Long Term Lecturer di FPIK IPB University.

Agenda yang dibahas adalah tindak lanjut kerja sama akademik dan penelitian yang sudah diinisiasi sejak tahun 2020 dan rencana menyelenggarakan long term workshop dengan tema Marine Biodiversity yang merupakan bagian dari kolaborasi jangka panjang antara IPB University dan UMT.

Selain kedua dosen tamu tersebut hadir pula peneliti muda INOS UMT yaitu Dr Abdul Rahman; Dr Kustiariyah Tarman, Sekretaris i-MAR; Dr Mukhlis Kamal, Dosen MSP; dan Prof Agus Soleh Atmadipoera, Guru Besar FPIK. (DY/Rz)