IPB University Resmi Membentuk Sekolah Sains Data, Matematika dan Informatika

IPB University Resmi Membentuk Sekolah Sains Data, Matematika dan Informatika

IPB University Resmi Membentuk Sekolah Sains Data, Matematika dan Informatika
Berita

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor IPB University No. 144 tahun 2024, IPB University dengan bangga mengumumkan pembentukan Sekolah Sains Data, Matematika, dan Informatika yang telah resmi disetujui oleh Rektor IPB University pada tanggal 22 Maret 2024.

Pembentukan Sekolah Sains Data, Matematika, dan Informatika ini merupakan langkah strategis IPB University dalam memperkuat dan mengembangkan bidang ilmu pengetahuan yang kritis untuk era digital saat ini.

“Sekolah ini dirancang untuk membangun konsep dan teori matematika, statistika, dan komputasi yang akan mendukung pengembangan teknik analisis, pemodelan, dan simulasi. Ini akan memungkinkan transformasi data dan informasi yang didukung oleh proses instrumentasi, digitalisasi, dan otomatisasi yang terintegrasi secara cerdas,” ujar Prof Arif Satria, Rektor IPB University.

Lanjut Prof Arif, dengan pembentukan sekolah ini, IPB University berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang sains data, matematika, dan informatika, yang siap menghadapi tantangan dan peluang di era digital.

“Lulusan dari program-program ini diharapkan akan menjadi ahli dalam analisis data, pemodelan matematis, dan pengembangan sistem komputasi yang inovatif,” tuturnya.

Sekolah Sains Data, Matematika, dan Informatika akan menyelenggarakan program pendidikan di tingkat sarjana, magister, dan doktor dengan program studi sebagai berikut:
1. Program Studi Statistika dan Sains Data
2. Program Studi Matematika
3. Program Studi Aktuaria
4. Program Studi Ilmu Komputer