IPB University dan INKINDO Ciptakan Tenaga Ahli di Dunia Konsultan

IPB University dan INKINDO Ciptakan Tenaga Ahli di Dunia Konsultan

IPB University dan INKINDO Ciptakan Tenaga Ahli di Dunia Konsultan
Berita

IPB University dengan Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) jalin kerja sama dengan ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU). Kerja sama tersebut berkaitan dengan tridharma perguruan tinggi dan pengembangan inovasi. Penandatanganan MoU dilaksanakan di Ruang Sidang Rektor, Kampus IPB Dramaga, (27/5).

Dalam sambutannya Erie Heryadi, Ketua Umum INKINDO periode 2022-2026 menyampaikan rasa syukur atas kerja sama yang akan dilakukan.

“Kerja sama ini penting untuk ke depan karena berhubungan erat dengan akademisi. Terdapat persoalan terkait tenaga ahli yang sangat terbatas sehingga mengalami kesulitan mencari tenaga ahli kompeten bersertifikat. Oleh karena itu kami ingin punya hubungan erat dengan kampus dan berharap akademisi bisa bekerja sama di dunia konsultan,” ujar Erie.

Lanjut Erie, INKINDO menyelenggarakan seminar Integrated Modern Agriculture sebagai sebagai bahan rekomendasi terhadap pemerintahan yang baru.

“Kami juga memiliki Akademi INKINDO yang merupakan sarana bagi mahasiswa untuk menjalankan program magang, salah satunya Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB),” tutur Arie.

Sementara itu, Rektor IPB University, Prof Arif Satria menaruh harapan besar, terhadap lembaga konsultan di Indonesia khususnya INKINDO.

“Semoga melalui kerja sama ini lembaga konsultan di Indonesia akan menjadi konsultan level global karena menurut saya pemerintah cenderung lebih percaya lembaga asing untuk dokumen perencanaan strategisnya,” ucap Prof Arif.

Rektor menyebutkan tidak sedikit dosen IPB University menjadi reviewer, sehingga kerja sama bisa dikembangkan untuk mengisi pos-pos tenaga ahli. “Kami siap dan sangat mendukung potensi yang bisa di kembangkan, termasuk dalam mengisi capacity building,” ungkapnya. (dh/Lp)