IPB University Berhasil Raih 6 Penghargaan Pada Ajang ONMIPA-PT 2024

IPB University Berhasil Raih 6 Penghargaan Pada Ajang ONMIPA-PT 2024

IPB University Berhasil Raih 6 Penghargaan Pada Ajang ONMIPA-PT 2024
Prestasi

Olimpiade Nasional bidang Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). Pada tahun ini ONMIPA-PT tingkat nasional dilaksanakan di Universitas Hasanuddin, Makassar pada 12-17/5.

“Kegiatan ONMIPA-PT 2024 melibatkan 34 juri yang berasal dari 15 institusi dan jumlah peserta sebanyak 260 peserta yang berasal dari 89 perguruan tinggi di seluruh Indonesia”, ucap Dr Eng Amiruddin selaku Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin.

Dalam kompetisi ini delegasi IPB University berhasil meraih empat medali yang terdiri dari satu emas, satu perak, dua perunggu dan dua honorable mention. Dengan hasil tersebut IPB University menempatkan posisi ke-4 dalam ONMIPA-PT 2024. Delegasi IPB University yang meraih penghargaan tersebut yaitu:

Rama Vijaya Jhowry (BIK 58) – Medali Emas bidang Biologi
Bagus Sadewo Rizkhar Khan Hidayat (FIS 58) – Medali Perak bidang Fisika
Muchamad Fath Bahrul Ulum (FIS 57) – Medali Perunggu bidang Fisika
Heni Rahmawati (FIS 58) – Medali Perunggu bidang Kimia
Daffa Firdaus (MTK 58) – Honorable Mention bidang Matematika
Muhammad Allif Qalbiy (Ilkom 60) – Honorable Mention bidang Matematika

Selanjutnya, peraih penghargaan bidang Matematika akan mendapatkan kesempatan pembinaan dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) pada tanggal 27 Mei – 5 Juni 2024 yang kemudian akan diseleksi untuk mendapatkan enam olympian terbaik dalam mewakili Indonesia di ajang International Mathematics Competition (IMC) ke-39 di Bulgaria. (*/Lp)