Himakua IPB University Adakan Rindu BDP 2024: Melangkah Bersama Ciptakan Cerita Masa Depan

Himakua IPB University Adakan Rindu BDP 2024: Melangkah Bersama Ciptakan Cerita Masa Depan

Himakua IPB University Adakan Rindu BDP 2024: Melangkah Bersama Ciptakan Cerita Masa Depan
Student Insight

Menurut pepatah, nostalgia adalah obat terkuat yang menghidupkan kembali kenangan. Suasana nostalgia itulah yang berusaha kembali dihidupkan oleh Himpunan Mahasiswa Akuakultur (Himakua) IPB University dengan menggelar acara Rindu BDP 2024 di Auditorium Sumardi Sastrakusumah, Kampus IPB Dramaga.

Acara ini mengusung tema “Ordinary Steps Create Extraordinary Actions with Sedulur Sepaguyuban”. Tema ini mengajak sedulur sepaguyuban untuk melangkah ciptakan aksi luar biasa bersama. Rindu BDP dilaksanakan untuk menjalin kembali tali silaturahmi antara alumni dan mahasiswa aktif. Momen ini sekaligus menjadi wadah bagi para alumni untuk berkumpul dan mengenang kembali masa-masa kuliah di Departemen Budidaya Perairan (BDP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Perikanan (FPIK) IPB University.

Rindu BDP 2024 dihadiri oleh para alumni dari berbagai angkatan, termasuk juga dosen-dosen, seperti Dr Alimuddin, Prof Odang Carman Prof Dedi Jusadi, Dr Julie Ekasari, Apriana Vinasyiam, SPi, MSi dan Wildan Nurussalam, SPi, MSi. Acara ini juga dimeriahkan oleh kedatangan para mahasiswa aktif yang bersemangat mengikuti rangkaian acara. Selama acara berlangsung, terlihat antusiasme alumni saling melepas rindu dan berbincang dengan satu sama lain.

Nuansa nostalgia semakin terasa ketika dilakukan penayangan video kilas balik alumni. Sesi ini menampilkan foto-foto kegiatan alumni dahulu ketika berkuliah di Departemen BDP.

Pada sesi bincang alumni, beberapa alumni membagikan cerita terkait pentingnya perkuliahan dalam menunjang karier. Mereka juga berbagi tips dan trik mempersiapkan dunia pasca kampus, serta pengalaman berkarier.

Menurut Ketua Himakua IPB University, Alfiyanto Firdaus, acara Rindu BDP 2024 menjadi tahun kedua dalam pelaksanaannya. Pada tahun ini, acara Rindu BDP juga menunjukkan karya dan usaha mahasiswa, salah satunya ialah BDP Aquatic Expo berupa pameran ikan hias dan aquascape.

“BDP Aquatic Expo merupakan karya dari Biro Produksi Himakua berkolaborasi dengan Aquascape IPB Community (AIC). Ikan hias yang ditampilkan di antaranya ikan discus, arwana, cichlid, goldfish dan ikan rainbow. Aquascape yang dipertunjukkan bertemakan nature,” ungkapnya.

Selain itu, expo juga dimeriahkan dengan pameran inkubator hasil karya tim mahasiswa Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2023. Ada pula BDP Smarket, yaitu baju akuakultur, merchandise dari Biro Bisnis dan Kemitraan Himakua IPB University.

“Rindu BDP 2024 tak hanya hadir sebagai tempat saling silaturahmi dan temu kangen alumni dan mahasiswa, tetapi juga memberikan gambaran bagaimana Departemen BDP dan Himakua saat ini. Acara ini menjadi momentum untuk menyoroti prestasi, inovasi dan semangat yang terus berkobar di lingkungan akademik Departemen BDP IPB University,” jelas Alfiyanto.

Melalui pameran, penampilan mahasiswa, dan berbagai kegiatan lainnya, Rindu BDP 2024 menggambarkan komitmen yang teguh dalam mengembangkan bakat dan pengetahuan di bidang akuakultur serta memperkokoh ikatan antara semua elemen yang terlibat dalam perjalanan keberhasilan departemen ini. (*/Rz)