Cerita Fitrah Rachmat Kautsar, Alumni IPB University yang Kini Jadi CEO Citiasia Inc

Cerita Fitrah Rachmat Kautsar, Alumni IPB University yang Kini Jadi CEO Citiasia Inc

Cerita Fitrah Rachmat Kautsar, Alumni IPB University yang Kini Jadi CEO Citiasia Inc
Berita

Fitrah Rachmat Kautsar, seorang alumnus IPB University, adalah sosok yang menginspirasi di balik kesuksesan Citiasia Inc, sebuah perusahaan pionir dalam pembangunan smart city di Indonesia.

Fitrah memulai perjalanannya dari tahun 2011 ketika ia lulus dengan gelar Sarjana Teknologi Industri Pertanian dari Fakultas Teknologi Pertanian IPB University. Setelah lulus dari IPB University, ia mengawali kariernya di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sebagai analis selama beberapa tahun kemudian.

Bersama Bappenas, Fitrah mendapatkan banyak pengalaman di bidang perencanaan, serta pemantauan dan evaluasi kinerja pembangunan. Di periode waktu yang sama, secara paralel ia juga melanjutkan studinya di Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia.

Di tahun 2015, Fitrah bergabung dengan Citiasia Inc yang baru berdiri dan ia memainkan peran penting dalam membangun dan membentuk pondasi perusahaan sejak awal. Bermula sebagai project manager di Citiasia dan lead consultant pada salah satu lini usaha perusahaan tersebut, yaitu Citasia Center for Smart Nation (CCSN), ia menapaki karier menjadi Chief Operating Officer pada tahun 2018, hingga kemudian ia dipercaya sebagai Chief Executive Officer di tahun 2022 sampai saat ini.

Selama di IPB University, Fitrah aktif dalam kegiatan akademik, seperti menjadi finalis dan presenter dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)-Teknologi. Keikutsertaannya di Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) bahkan sudah dimulai sejak tingkat pertama.

Di kampus, ia juga aktif di organisasi kemahasiswaan (ormawa). Aktivitasnya di ormawa bisa dilihat sejak tingkat satu hingga fakultas. Bahkan di level nasional, ia pernah terpilh menjadi Ketua BEM Fakultas Teknologi Pertanian dan menjadi perwakilan dalam Ikatan Mahasiswa Teknologi Pertanian Indonesia.

“Penerapan manajemen diri dan waktu menjadi salah satu kunci yang memungkinkan saya bisa menjaga keseimbangan antara peran sebagai mahasiswa di bidang akademis dan tanggung jawab organisasi,” ungkap Fitrah ketika ditanya rahasia kesuksesan selama berkarier di kampus.

“Selain itu, dukungan dari lingkungan sekitar, khususnya teman dan senior, juga merupakan kunci keberhasilan selama di kampus,” imbuhnya.

Dengan arah, strategi, dan perencanaan yang jelas dan tajam, Fitrah berkomitmen untuk mewujudkan visi Citiasia sebagai pemimpin dalam layanan smart city dan smart enterprise. Bersama Fitrah Rachmat Kautsar sebagai pemegang kemudi, Citiasia Inc telah menetapkan landasan yang kuat untuk mengantarkan Indonesia ke era digital yang lebih cerdas dan berkelanjutan. (Shintia/Rz)