Dr Akhmad Arifin Hadi, Dosen IPB University sekaligus Sosok di Balik Capaian Prestasi PSM IPB Agria Swara

Dr Akhmad Arifin Hadi, Dosen IPB University sekaligus Sosok di Balik Capaian Prestasi PSM IPB Agria Swara

Dr Akhmad Arifin Hadi, Dosen IPB University sekaligus Sosok di Balik Capaian Prestasi PSM IPB Agria Swara
Berita

Menggetarkan panggung dunia dengan harmoni suara, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) IPB Agria Swara telah menorehkan beragam prestasi gemilang. Terakhir, salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IPB University ini berhasil meraih predikat predikat Grand Prix Juara Umum Kompetisi The 34th Praga Cantat International Choir Competition and Festival di National House Na Vinohradech, Praha, Republik Ceko pada 11 November 2023 lalu.

Di balik kesuksesan PSM IPB Agria Swara mendulang prestasi, ada sosok-sosok hebat yang terus memberikan semangat dan inspirasi, salah satunya adalah Dr Akhmad Arifin Hadi, SP MALA. Dr Akhmad merupakan dosen pembina PSM IPB Agria Swara bersama rekannya, Dr Rimbawan dan Arvin Zeinullah sebagai pelatih.

Dr Akhmad Arifin Hadi yang juga merupakan Ketua Departemen Arsitektur Lanskap IPB University membeberkan beberapa rahasia sukses PSM IPB Agria Swara sehingga dapat tetap eksis dan berprestasi hingga saat ini.

Ia mengatakan, kunci keberhasilan sebuah organisasi adalah setiap komponen organisasi tersebut harus memiliki jiwa yang sama. Dalam hal ini, semua anggota dan pengurus PSM IPB Agria Swara haruslah memiliki jiwa seni yang sama, khususnya dalam bidang olah suara.

“Dalam memupuk jiwa seni tersebut, semua anggota harus diberikan kesempatan untuk tampil, sehingga jiwa seninya tidak padam,” sambung Dr Akhmad. Ia juga menambahkan, jika sudah terbentuk jiwa seni yang kuat, proses latihan akan berjalan sendirinya dan tidak akan ada rasa keterpaksaan. Namun, tentunya diperlukan komitmen yang kuat juga.

Dr Akhmad mengungkapkan, dalam membina PSM IPB Agria Swara, ia berusaha memberikan ruang kepada mahasiswa untuk mengimprovisasikan kreativitasnya sendiri dan membatasi diri dalam hal-hal teknis. “Agria Swara itu ibaratkan mobil yang melaju kencang. Tugas saya bukannya ngegas, tapi ngerem supaya mahasiswa tetap on the track,” ungkapnya.

Selama menjabat sebagai pembina sejak 2020 lalu, momen ketika PSM IPB Agria Swara mendapatkan penghargaan dan pujian merupakan pengalaman yang turut menggembirakan bagi Dr Akhmad. Ia juga menceritakan beberapa pengalaman berkesan, salah satunya adalah ia dapat bertemu dengan rekan-rekannya semasa kuliah di Program Studi Arsitektur Lanskap IPB University dulu.

Sebagai seseorang dengan jadwal yang padat, Dr Akhmad juga mengaku akan mengusahakan untuk selalu hadir di rangkaian kegiatan PSM IPB Agria Swara. Ia juga berpesan kepada anggota dan pengurus Agria Swara yang masih kesulitan mengatur jadwal untuk lebih bisa meluangkan waktu untuk latihan dan meningkatkan komitmen.

“Untuk yang mau masuk Agria Swara, jangan ragu-ragu. Karena UKM ini sudah terbukti prestasinya di tingkat nasional maupun internasional. Selain dapat mengasah vokal, kalian juga dapat meningkatkan soft skill di organisasi, seperti kepemimpinan, tanggung jawab, dan komitmen,” pesan ia kepada mahasiswa baru atau mahasiswa yang tertarik untuk bergabung dengan Agria Swara.

Ia sangat mengapresiasi bagi pengurus dan anggota PSM IPB Agria Swara yang telah aktif dan berkontribusi. Dr Akhmad juga berpesan kepada para pengurus dan anggota PSM IPB Agria Swara untuk dapat menjaga kesehatan dan juga memperhatikan akademiknya masing-masing. (Chairani/Rz)