Skillnya Banyak Dicari Industri! Ini yang Perlu Kamu Tahu Tentang Prodi Ilmu Komputer IPB University

Skillnya Banyak Dicari Industri! Ini yang Perlu Kamu Tahu Tentang Prodi Ilmu Komputer IPB University

Skillnya Banyak Dicari Industri! Ini yang Perlu Kamu Tahu Tentang Prodi Ilmu Komputer IPB University
Berita

Saat ini, 22 dari 25 kemampuan yang paling dicari industri berkaitan dengan ilmu komputer. Karena itu, tak heran apabila ilmu komputer saat ini bukan lagi pilihan, melainkan menjadi kebutuhan dasar di era modern ini.

Untuk itu, IPB University menawarkan Program Studi (Prodi) Ilmu Komputer yang tergabung dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Prodi ini memiliki mandat penting yaitu penguasaan terhadap teori, aplikasi serta pemanfaatan sains komputasi dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan untuk pertanian modern dalam arti luas sesuai dengan prinsip-prinsip keilmuan, kerekayasaan, etika dan legal.

Salah satu keunggulan lulusan Ilmu Komputer IPB University adalah kemampuan analisis dan merancang algoritma yang efektif dan efisien. Didukung oleh fasilitas canggih, kurikulum berbasis kompetensi, program Merdeka Belajar, dan strategi pembelajaran inovatif, lulusan Ilmu Komputer siap menghadapi tantangan industri masa depan.

Ilmu Komputer IPB University telah memperoleh akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM Infokom). Karena itu, prodi ini berfokus pada pengembangan potensi mahasiswa melalui pendidikan berkualitas internasional.

Prodi ini memberikan berbagai kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pengalaman, baik nasional maupun internasional. Dengan demikian, mahasiswa mampu memperdalam pengetahuan dan membangun jaringan profesional di saat yang bersamaan.

Nur Rohman, salah satu mahasiswa Ilmu Komputer IPB University, memberikan pandangan unik tentang pengalamannya. Ia menyebutkan adanya komunitas-komunitas di kampus, seperti AgriUX, Data Mining IPB, Mobile Apps Development, IPB Web Development, Cyber Security IPB, Game Reality dan Competitive Programming mampu mewadahi minat mahasiswa dan mengembangkan skill yang dimiliki.

Ilmu Komputer IPB University memberikan pengajaran menyeluruh tentang teknologi, mulai dari dasar pemrograman hingga keamanan data dan AI. “Hal menarik lainnya bagiku hubungan alumninya cukup kuat karena aku dapet diskusi dari alumni yang ngebantu buat prepare kehidupan pasca kampus,” ucap Rohman selaku Duta IPB Batch 9.

Prospek karier yang terbuka bagi lulusan Ilmu Komputer IPB University sangat beragam, mulai dari Artificial Intelligence (AI) and Machine Learning Specialist, data engineer, cybersecurity specialist, hingga IT project manager dan IoT specialist. Mahasiswa juga dapat menjadi peneliti dan mengejar berbagai peluang karier lain yang mendukung kemajuan bangsa.

Beberapa alumni sukses dari Departemen Ilmu Komputer IPB diantaranya adalah Abdul Qifli Sangadji yang saat ini menjabat sebagai Co Founder dan Chief Technology Officer (CTO) PT Jojonomics, Kaspar Situmorang selaku Executive Vice President Digital Banking Development and Operation BRI, dan Sisilia selaku Wealth Business Head PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (Rani/Rz)