Prodi Kimia IPB University: Gerbang Menuju Karier Gemilangmu!

Prodi Kimia IPB University: Gerbang Menuju Karier Gemilangmu!

Prodi Kimia IPB University: Gerbang Menuju Karier Gemilangmu!
Berita

Tak hanya pertanian, IPB University juga memiliki program studi (prodi) yang berkaitan dengan ilmu sains, lho. Salah satunya Prodi Kimia yang berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Prodi ini bisa menjadi awal mula menapaki karier suksesmu di masa depan.

Keunggulan Prodi Kimia IPB University antara lain sudah meraih Akreditasi Internasional dari Royal Society of Chemistry (RSC) United Kingdom tahun 2019-2024. Akreditasi ‘Unggul’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) juga berhasil diraih pada tahun 2020-2024.

Sejumlah prestasi juga berhasil ditorehkan oleh Prodi Kimia IPB University lewat karya civitasnya. Yaitu peraih medali emas pada Olimpiade Sains Mahasiswa, peraih medali emas di Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) dan torehan prestasi di Health Essay National Competition (HENCO). Tak kalah mentereng, inovasi dari para dosennya pun sempat masuk dalam 107 Inovasi Paling Prospektif Indonesia.

Fisika IPB University memiliki empat divisi keilmuan, yaitu Kimia Organik, Kimia Anorganik, Kimia Analitik dan Kimia Fisik. Kompetensi dasar lulusan berupa bioscience tropika, pertanian dan kelautan yang memiliki arah gerak penelitian yang beragam.

Selain kerja sama di kancah nasional yang terus digalakkan, Prodi Kimia IPB University juga telah menjalin berbagai kerja sama internasional. Seperti dengan Massachusetts Institute of Technology, Kyoto University, Osaka University, Nanyang Technological University Singapore dan sebagainya.

Prodi Kimia IPB University juga menjadi prodi yang menyediakan Program Sinergi S1-S2 (Fast Track). Dengan program ini, mahasiswa dapat menyelesaikan jenjang S2 hanya dalam waktu 1 tahun.

Prospek karier lulusan Prodi Kimia beragam jenisnya mulai dari ahli kimia, pakar biokimia/biofisik, cendekiawan lingkungan, intelektual klinis, pakar hidrologi, pakar biomedik, pendidik (dosen/guru), peneliti bioteknologi, farmakolog dan lain sebagainya.

Indra Sugiarto, merupakan satu dari sekian banyak alumnus Fisika IPB University yang sukses dalam berkarier. Pria kelahiran Purwokerto, Banyumas 14 Oktober 1988 ini dikenal sebagai penulis, influencer, motivator, trainer dan entrepreneur. Ia juga founder dan CEO Masuk Kampus.

“IPB University banyak sekali berperan dalam membentuk pribadi saya. Bagi saya, kampus ini luar biasa yang telah hadir dan memberikan jalan yang sangat luas, anugerah yang luar biasa ketika saya bisa kuliah di IPB University,” kata Indra.

Ia mengaku, “Awalnya impian saya dulu tidak sebesar ini, bahkan tidak terbayang akan menjadi penulis, public speaker, dan menjadi seorang entrepreneur yang membangun bisnis sendiri sejak kuliah.”

Sebagai penulis, sepanjang perjalanan kariernya Indra Sugiarto telah menulis buku-buku best seller yang selalu menjadi pilihan pembaca. Sebut saja Teman Berjuang (2019), Tumbuh dari Luka (2019) dan Berlari di Tengah Hujan (2020).

Kecintaannya terhadap IPB University memotivasinya untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana di IPB University dengan pilihan Prodi Manajemen Bisnis. (Arya/Rz)