Pakar Gizi IPB University Berikan Siasat Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Pakar Gizi IPB University Berikan Siasat Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Pakar Gizi IPB University Berikan Siasat Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa
Riset

Perubahan pola makan dan waktu istirahat seringkali menjadi masalah bagi sebagian orang yang berpuasa. Jika tidak diatasi dengan baik, hal itu dapat mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh.

Untuk itu, Pakar Gizi dan Antioksidan IPB University, Muhammad Aries, SP MSi memberikan sejumlah tips agar daya tahan tubuhmu tetap terjaga meskipun sedang menjalani ibadah puasa.

Dosen IPB University dari Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia ini menjelaskan, menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa dapat disiasati dengan dua hal: pemilihan bahan makanan yang tepat dan aktivitas fisik yang sesuai.

“Sebenarnya saat berpuasa hanya terjadi sedikit perubahan pada pola makan dan istirahat. Namun, ada kecenderungan saat waktu makan berubah, maka jumlah makan akan menjadi lebih sedikit,” buka Aries, saat diwawancara pada (21/3).

Perubahan ini, lanjut dia, dapat disiasati dengan memilih makanan yang mengandung zat gizi dengan kemampuan antioksidan. Umumnya zat gizi yang mengandung antioksidan tinggi merupakan bahan pangan yang tinggi vitamin C dan komponen fitokimia . Ia merekomendasikan berbagai jenis sayur dan buah seperti buncis, berbagai sayuran daun, buah jeruk, mangga, maupun papaya.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, ia juga menyebut pentingnya memperhatikan pedoman gizi seimbang, yaitu harus terdapat makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah, serta cukup minum.

“Usahakan di saat sahur dan berbuka, konsumsilah buah dan sayur untuk mencukupi kebutuhan vitamin, mineral, serta senyawa yang tinggi antioksidan yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh,” jelasnya.

Dari segi aktivitas, Aries menyebut, pembagian waktu beraktivitas penting untuk menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa. “Aktivitas di sini adalah pembagian waktu untuk makan, waktu bekerja dan waktu untuk tidur. Usahakan mengatur waktu tidur karena jika jam tidur kurang, sistem imun tubuh kita akan terganggu,” ujarnya.

Selain itu, meskipun sedang berpuasa, ia juga menyarankan untuk tetap berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup olahraga ringan seperti joging, angkat beban, dan skipping sudah membantu daya tahan tubuh tetap terjaga.

“Untuk waktu olahraganya bisa disesuaikan saja. Namun usahakan setiap hari melakukan olahraga dengan durasi waktu cukup 30 menit,” terang Aries.

Dengan menjalankan dua hal tersebut, yakni mengonsumsi pilihan makanan yang tepat, disertai aktivitas yang teratur dan olahraga ringan, niscaya kamu akan tetap fit dan daya tahan tubuh terjaga selama berpuasa. (Ray/Rz)