Mengenal Komunikasi Digital dan Media IPB, Prodi D4 Paling Diminati se-Indonesia

Mengenal Komunikasi Digital dan Media IPB, Prodi D4 Paling Diminati se-Indonesia

Mengenal Komunikasi Digital dan Media IPB, Prodi D4 Paling Diminati se-Indonesia
Berita

Komunikasi Digital dan Media merupakan salah satu program studi (prodi) sarjana terapan (D4) di Sekolah Vokasi IPB University. Pada Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tahun 2023, Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University menjadi prodi dengan peminat terbanyak jenjang vokasi se-Indonesia dengan 1.298 peminat.

Berkuliah di Prodi Komunikasi Digital dan Media IPB University, kamu dapat memiliki kemampuan dalam komunikasi, kreatif dan terampil dalam mendukung kelancaran sistem komunikasi dan informasi.

Prodi Komunikasi Digital dan Media memiliki akreditasi ‘Baik Sekali’ yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2023 sampai 2025.

Prospek karier dari prodi ini sangat luas, lulusannya dapat menjadi seorang entrepreneur, news anchor/host, fotografer, desainer grafis, event organizer, jurnalis, videografer, editor, social media strategist, public relations officer, produser dan lain-lain.

Mahasiswa Komunikasi dan Media IPB University tidak hanya belajar seputar bidang komunikasi, tetapi mereka juga mempelajari ilmu psikologi, digital marketing, budaya dan kepemimpinan.

Praktikum lapangan pada prodi ini pun bermacam-macam seperti melakukan riset ke desa-desa, menjadi humas pada kelurahan maupun kantor desa, membuat acara festival budaya, menjadi event organizer, membuat web series, dan lain-lain. Dijamin, kamu tak akan bosan menjalani aktivitas selama kuliah di prodi ini.

“Menariknya dari Komunikasi Digital dan Media IPB University itu banyak sekali. Mulai dari banyaknya terjun ke lapangan, praktik produksi, membuat sebuah event yang beragam sampai media visit ke kantor media massa nasional,” ungkap Sheilla Elgina, salah satu mahasiswa.

Selain itu, prodi ini juga dilengkapi fasilitas ruangan dan alat yang memadai seperti Ruang Cinema, Ruang Siaran Radio, Ruang Podcast, perangkat fotografi dan audiovisual.

Prestasi mahasiswa Komunikasi Digital dan Media IPB University sendiri cukup beragam. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan menjuarai dua kali ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional Tingkat Diploma pada tahun 2019 dan 2023. Mereka ialah Safhira Alfarisi, mahasiswi angkatan 53 dan Volika Sinci Sari, mahasiswi angkatan 57.

Volika Sinci Sari menyatakan, “Prodi ini sangat berdampak bagi aku. Fasilitasnya sangat mendukung, aku juga lihat perkembangan dari fasilitas ini yang terus membaik setiap tahun. Hal tersebut membuat aku jadi lebih aware sama tools yang sering dipakai dalam bekerja. Mulai dari laboratorium komputer, ruang podcast, ruang on air, bahkan ada green screen room dan amfiteater”.

Baginya, Prodi Komunikasi Digital dan Media IPB University selalu memberikan support untuk mahasiswanya meraih prestasi. “Saat Pilmapres, aku didampingi oleh dosen-dosen suportif yang sabar menghadapi aku, diberikan ruangan khusus untuk bekerja, berpikir dan merakit alat yang aku buat, dan mempermudah aku untuk mendapat pendanaan dari Sekolah Vokasi sehingga kebutuhan untuk produk inovasi bisa ter-cover,” sambung Volika.

“Sangat senang jadi bagian dari keluarga besar Komunikasi dan Digital Media IPB University,” ungkapnya. (Fr/Rz)