Mau Jadi Ahlinya Ratu Ilmu Pengetahuan? Prodi Matematika IPB University Pilihan Tepat

Mau Jadi Ahlinya Ratu Ilmu Pengetahuan? Prodi Matematika IPB University Pilihan Tepat

Mau Jadi Ahlinya Ratu Ilmu Pengetahuan? Prodi Matematika IPB University Pilihan Tepat
Berita

Matematika adalah hal yang seringkali dihindari oleh sebagian besar orang. Belajar matematika acapkali dianggap sia-sia karena hanya sebatas angka, rumus dan hitungan. Padahal, matematika adalah queen of science atau ratu ilmu pengetahuan yang berfungsi sebagai landasan bagi ilmu pengetahuan lainnya.

“Ilmu matematika sebenarnya selalu kita terapkan dalam kehidupan sehari hari, contohnya saat menghitung harga barang atau diskon. Penerapan ilmu matematika lebih lanjut saya pelajari di Program Studi (Prodi) Sarjana (S1) Matematika IPB University,” ungkap Wirayudha Erlangga Prayoga, salah satu mahasiswa Prodi Matematika IPB University.

Wira juga menyebutkan, selama perkuliahan di Prodi Matematika IPB University, dirinya tidak hanya mempelajari seputar rumus saja, tetapi juga implementasinya di kehidupan sehari-hari.

“Misalnya cara mengukur, menganalisis dan mengolah data di sebuah perusahaan,” imbuh Duta IPB University Batch IX ini.

Prodi yang berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University telah berdiri sejak tahun 1983. Saat ini, Prodi Matematika IPB University sudah terakreditasi ‘Unggul’ dari Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (Lamsama).

Wira menuturkan, prodi ini memiliki empat bidang peminatan yaitu matematika murni, riset operasi, pemodelan matematika dan komputasi yang didasari oleh kebutuhan pasar terhadap kompetensi ahli matematika yang dibutuhkan industri.

Hal tersebut membantu mahasiswa mempelajari penerapan matematika lebih luas melalui analisis dan penggunaan software untuk mengintegrasikan rumus pada sebuah sistem sehingga dapat diimplementasikan di berbagai bidang.

Mata kuliah di Prodi Matematika IPB University juga disusun untuk membekali mahasiswa dalam menguasai pengetahuan, konsep serta metodologi di bidang matematika. Mahasiswa akan dilatih untuk memiliki critical thinking dan problem solving yang kuat sehingga mampu memecahkan permasalahan matematis dari suatu sistem yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran di Prodi Matematika yang terdiri dari kegiatan kuliah dan responsi juga menjadi ruang bagi mahasiswa untuk belajar, berlatih dan berdiskusi mengenai ilmu matematika lebih dalam.

Prodi Matematika IPB University juga memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mempelajari ilmu matematika di luar negeri lewat kerja sama dengan German Academic Exchange Service (DAAD).

Program unggulan dari Prodi Matematika IPB University tersebut memberikan beasiswa penuh bagi mahasiswa untuk belajar di berbagai universitas di Eropa selama tiga minggu.

Program yang sudah berjalan sejak tahun 2019 tersebut menunjukkan bahwa Prodi Matematika memberi dukungan penuh pada mahasiswanya untuk mengeksplorasi pengetahuan dan kemampuan di bidang matematika.

Ilmu matematika yang aplikatif di berbagai bidang memberikan peluang karier yang luas bagi sarjana Prodi Matematika IPB University. Lulusannya yang dikenal sebagai ahli matematika dapat bekerja sebagai dosen, data analyst, data scientist, atau data analytics.

Umumnya, lulusan Prodi Matematika IPB University berkiprah di bidang industri, kesehatan, teknologi informasi, asuransi, keuangan, perbankan, pendidikan dan penelitian. (Dita/Rz)