Lebih Dekat dengan Kampus IPB Sukabumi, Ada Program Studi Apa Saja?

Lebih Dekat dengan Kampus IPB Sukabumi, Ada Program Studi Apa Saja?

Lebih Dekat dengan Kampus IPB Sukabumi, Ada Program Studi Apa Saja?
Berita

Selama ini mungkin banyak orang menganggap kampus IPB University hanya ada di Bogor saja. Apakah kamu salah satunya? Padahal, sejak tahun 2016 IPB University telah membuka Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang berada di Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Kampus IPB Sukabumi berdiri dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Jawa Barat, khususnya Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi (APK-PT). Salah satu alasan didirikannya Kampus IPB Sukabumi karena daerah yang berjuluk Kota Moci ini memiliki banyak potensi, di antaranya punya pariwisata, perikanan, pertanian, hingga peternakan. Potensi tersebut akan memudahkan dalam kegiatan praktikum mahasiswa.

Ada lima pilihan program studi (prodi) Sarjana Terapan (D4) yang ditawarkan Kampus IPB Sukabumi, yaitu Komunikasi Digital dan Media, Ekowisata, Teknologi dan Manajemen Pembenihan Ikan, Teknologi dan Manajemen Ternak, dan Manajemen Agribisnis. Yuk ketahui bagaimana prospek karier dan keterampilan yang dimiliki lulusan prodi-prodi di Kampus IPB Sukabumi ini.

Prodi Komunikasi Digital dan Media
Kurikulum prodi ini dirancang agar mahasiswa menjadi profesional dalam bidang komunikasi digital dan media. Lulusan prodi ini juga diharapkan menjadi perancang konten bidang komunikasi digital dan media, konsultan bidang komunikasi digital dan media, dan techno-sociopreneur bidang komunikasi digital dan media.

Prodi Ekowisata
Kalau jadi mahasiswa prodi ini, kamu akan belajar bagaimana merancang dan mengelola kawasan wisata lengkap dengan paket-paket yang ditawarkannya sesuai dengan prinsip ekowisata. Juga belajar bagaimana mengelola, menciptakan peluang usaha, dan merancang kawasan ekowisata berdasarkan prinsip-prinsip ekowisata.

Prodi Teknologi dan Manajemen Pembenihan Ikan
Lulusannya diharapkan mampu berperan sebagai manajer atau pelaku usaha pembenihan ikan dengan menerapkan prinsip bisnis, mampu dan siap beradaptasi dengan kemajuan teknologi serta memberikan masukan terkait teknis usaha pembenihan ikan.

Prodi Teknologi dan Manajemen Ternak
Lulusan program ini akan mampu mengisi posisi manajemen menengah dan atas di sektor atau industri peternakan. Selain itu, lulusan prodi ini diharapkan mampu menjadi wirausaha bidang peternakan.

Prodi Manajemen Agribisnis
Prodi ini cocok buat kamu yang memiliki keinginan menjadi wirausaha dalam bidang agribisnis, yang ahli dan mampu menganalisis peluang, merumuskan ide bisnis, serta mengembangkan dan mengelola bisnis baru pada bidang agribisnis. Lulusan prodi ini juga bisa menjadi manajer perusahaan agribisnis.

Kelima prodi yang ada di Kampus IPB Sukabumi juga didukung dengan fasilitas yang memadai, terutama untuk kebutuhan praktikum. Fasilitas tersebut antara lain kandang ayam modern (closed house), kandang ternak (puyuh, bebek, domba, sapi), greenhouse, kolam ikan, laboratorium kultur jaringan, lab hatchery atau tempat pembenihan ikan, laboratorium mikrobiologi, laboratorium komputer, dan laboratorium fotografi.

Bagaimana cara kuliah di Kampus IPB Sukabumi? Kamu bisa daftar melalui berbagai jalur masuk IPB University, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), Beasiswa Utusan Daerah (BUD), Ketua OSIS, Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), dan Seleksi Mandiri Masuk IPB (SM-IPB). (MHT/Rz)