Kolaborasi IPB University dan National University of Singapore Dukung Venture Creations dan Entrepreneurship

Kolaborasi IPB University dan National University of Singapore Dukung Venture Creations dan Entrepreneurship

Kolaborasi IPB University dan National University of Singapore Dukung Venture Creations dan Entrepreneurship
Berita

IPB University dan National University of Singapore (NUS) kembali memperkuat komitmennya dalam kolaborasi akademik. Melalui NUS Enterprise, NUS menggandeng IPB University dalam program Master of Science in Venture Creations (MSVC), program pascasarjana yang fokus pada proses transformasi ide dan inovasi menjadi bisnis.

Pada Selasa (27/2), kedua pihak sepakat menandatangani memorandum of agreement (MoA) untuk membuka kesempatan bagi lulusan IPB University mengenyam pendidikan lanjut di bidang Venture Creations di NUS.

Mengawali sambutannya, Rektor IPB University, Prof Arif Satria berujar, “Kolaborasi baru dengan NUS dalam Venture Creations ini sejalan dengan visi IPB University untuk berkiprah dalam sociopreneurship dan technopreneurship. Keduanya sangat penting untuk mencapai misi sosial dan ekonomi.”

Prof Arif Satria juga menekankan pentingnya kewirausahaan atau entrepreneurship dalam mendukung industri pertanian Indonesia agar menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan efisien. Sebagai bentuk upaya mendukung misi tersebut, IPB University memiliki beragam program pengembangan masyarakat berbasis techno-sociopreneurship, salah satunya adalah One Village One CEO (OVOC).

Penandatanganan MoA dilakukan di kampus NUS Enterprise oleh Rektor IPB University bersama dengan Prof Chee Yeow Meng (Vice President for Innovation and Enterprise NUS) dengan turut disaksikan oleh Dr Dwi Larso (Direktur Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan/LPDP) dan Dr Wilson Wang (Deputy Academic Director of NUS Enterprise Academy and Head of Postgrad and CET Programmes).

Acara ini dihadiri pula oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Singapura, Dr IGAK Satrya Wibawa, beserta perwakilan IPB University yakni Prof Iskandar Siregar (Wakil Rektor bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Alumni), Prof Ernan Rustiadi (Wakil Rektor bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Agromaritim) dan Dr Fitriya N Dewi (Asisten Direktur Konektivitas Global bidang Kerjasama dan Jejaring Internasional).

Pertemuan antara IPB University dan NUS Enterprise ini menjadi forum diskusi yang produktif, termasuk dengan interaksi yang melibatkan mahasiswa program MSVC NUS yang berasal dari Indonesia.

Kerja sama terkait program MSVC akan terus dikembangkan sebagai salah satu langkah tindak lanjut dari penandatanganan MoU oleh Rektor IPB University dan Presiden NUS, Prof Tan Eng Chye, saat Orasi Ilmiah Prof Tan pada rangkaian Dies Natalis ke-60 IPB University Oktober 2023 lalu.

Berbagai bentuk kolaborasi di bidang pendidikan juga terus dijajaki oleh NUS dan IPB University, terutama dalam upaya pengembangan entrepreneurship dan sociopreneurship berbasis inovasi. Hal ini akan berdampak langsung bagi masyarakat Indonesia dan juga memperluas kiprah IPB University di tingkat global. (*/Rz)