IPB University Terima Visitasi Akreditasi Internasional Program Studi Sarjana dan Magister Kimia oleh RSC

IPB University Terima Visitasi Akreditasi Internasional Program Studi Sarjana dan Magister Kimia oleh RSC

IPB University Terima Visitasi Akreditasi Internasional Program Studi Sarjana dan Magister Kimia oleh RSC
Berita

IPB University menerima visitasi Akreditasi Internasional oleh Royal Society of Chemistry (RSC) di Ruang Sidang Rektor, Kampus IPB Dramaga pada Kamis, 7/3. Program Studi (Prodi) yang di akreditasi internasional yaitu Prodi Sarjana Kimia dan Magister Kimia.

Akreditasi internasional RSC ini mendatangkan tiga asesor diantaranya Prof Zanariah Binti Abdullah dari Universiti Malaya, Malaysia, Prof Sandie Dann dari Loughborough University, United Kingdom dan Dr Alice Barker dari RSC, United Kingdom.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University, Prof Deni Noviana, mengatakan pertemuan ini merupakan bukti dedikasi IPB University terhadap keunggulan, kualitas dan pengakuan global. Menurutnya, akreditasi merupakan tonggak penting yang menetapkan dan menegaskan standar yang tinggi di berbagai bidang.

“Hari ini, hadirnya para pimpinan IPB University menggarisbawahi komitmen kuat kami untuk memberikan layanan dan pendidikan yang luar biasa secara global,” ucapnya.

Prof Deni melanjutkan, akreditasi internasional ini secara objektif mengevaluasi praktik kelayakan prodi sehingga bisa memenuhi standar yang diakui secara global dan akreditasi ini mendorong peningkatan inovasi dan reputasi institusi.

“Akreditasi internasional juga membuka pintu untuk kolaborasi, kemitraan dan peluang pertumbuhan, juga dapat mendorong kami ke tingkat keunggulan yang lebih tinggi,” terangnya.

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University, Dr Berry Juliandi menyampaikan terima kasihnya atas komitmen para pimpinan terhadap keunggulan dan kualitas dari prodi Kimia.

Menurutnya, pertemuan ini membekali pemahaman yang komprehensif mengenai kebijakan, proses dan aspek penting lainnya dari akreditasi internasional.

“Kita akan terus mengedepankan proses transparansi, memastikan bahwa IPB University terus menetapkan tolok ukur kualitas dan reputasi. Secara umum, akreditasi internasional RSC menilai program studi kimia berdasarkan standar output sesuai dengan tingkat akreditasi,” ungkapnya.

Perwakilan tim asesor RSC, Prof Zanariah Binti Abdullah mengucapkan terimakasih atas sambutan yang baik yang telah diberikan oleh IPB University. Menurutnya, dalam akreditasi melibatkan evaluasi menyeluruh terhadap kualitas, standar dan infrastruktur untuk memastikan keunggulan dalam penyelenggaraan program.

“Secara keseluruhan, proses akreditasi berperan penting dalam meningkatkan standar mutu dari program studi,” ucapnya. (dr)