IPB University Raih Platinum Award dan PR Department of The Year 2024, Sabet 12 Penghargaan Kehumasan
Setelah sepanjang tahun 2023 lalu, IPB University memboyong 41 penghargaan di bidang komunikasi, kini di triwulan pertama tahun 2024, prestasi di bidang komunikasi kembali ditorehkan. Sebanyak 12 penghargaan berhasil diraih dalam ajang Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2024 yang digelar PR Indonesia di Bali, (7/3).
Penghargaan tersebut antara lain:
1. Platinum Winner (sektor Perguruan Tinggi)
2. Public Relations Department of The Year
3. Gold Winner – Public Relations Department
4. Gold Winner – Program Marketing Public Relations “IPB Goes to School: Sparking Joy Planting Knowledge”
5. Gold Winner – Marketing Public Relations “Sekolah Pemerintahan Desa (SPD)”
6. Gold Winner – Digital Public Relations “Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran IPB University”
7. Silver Winner – Program Komunikasi CSR – Community Development “One Village One CEO (OVOC)”
8. Silver Winner – Kanal Digital – Aplikasi “IPB Mobile for Staff”
9. Gold Winner – Kanal Digital – Media Sosial (Tiktok)
10. Gold Winner Manajemen Krisis dan Pasca Krisis11. Silver Winner – Manajemen Pra Krisis
12. Silver Winner – Owned Media E-Magazine “IPB Magz”
Rektor IPB University, Prof Arif Satria menyatakan rasa syukur atas prestasi ini. Ia juga memberikan apresiasi atas capaian ini. “Alhamdulillah, saya bersyukur IPB University berhasil mendapatkan Platinum Winner dan PR Department of The Year di ajang Public Relations Indonesia Awards tahun ini. Kami juga bangga pada tim Biro Komunikasi yang terus meningkatkan kinerja komunikasi dan terus berupaya memberikan informasi terbaik kepada publik,” papar Prof Arif.
“Semoga capaian ini bisa menjadi dorongan semangat untuk semakin baik lagi dalam memberikan pelayanan di bidang komunikasi,” urainya. Ia menandaskan bahwa kerja kehumasan bukanlah bertujuan untuk pencitraan, melainkan untuk mengomunikasikan karya.
Sekretaris Institut (SI) IPB University, Prof Dr Agus Purwito mengatakan bahwa capaian ini berkat dukungan dan kerja sama berbagai unit kerja yang ada di IPB University. “Saya berharap ke depan support yang diberikan unit-unit kerja semakin besar. Tugas Biro Komunikasi adalah turut menyuarakan program-program kerja yang dimiliki unit-unit kerja yang ada di IPB University,” ujarnya.
PRIA Award 2024 ini diikuti oleh ratusan korporasi, kementerian, perguruan tinggi, lembaga, pemerintah daerah. Ada sepuluh kategori yang dipertandingkan. Terentang dari kategori Owned Media, Kanal Digital, Manajemen Krisis, Laporan Tahunan, Komunikasi CSR, Program PR, Departemen PR, hingga Terpopuler di Media Cetak dan Online.
Penjurian PRIA Award 2024 berlangsung secara hybrid dengan melibatkan sejumlah dewan juri. Mereka adalah Asmono Wikan (Founder dan CEO PR Indonesia), Fardila Astari (Direktur Komunikasi Rajawali Foundation), Elvera Makki (Founder dan CEO VMCS Advisory Indonesia dan President IABC Indonesia Chapter), Janette M, Pinariya (Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Penelitian Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR) dan Jojo S Nugroho (Founder Imogen PR).
Selanjutnya Mirana Hanathasia (Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie), Sam August Himmawan (Director Purupiru), Verlyana Hitipeuw (CEO & Principal Consultant Kiroyan Partners), Mohammad Fahmi (Associate Partnership.id), Ratna Kartika (Pimpinan Redaksi PR Indonesia), Mas Sulistyo (Creative Director DM. ID) Dian Adi Prasetyo (PR Director Fortuna), Juniati Gunawan (Head of Trisakti Sustainability Center)., Tuhu Nugraha (Pakar Government Relations and Metaverse, Maria Wongsonagoro (PR Consultant), Puspitasari (Dosen Komunikasi UI). (dh/Rz)