Dibuka Tahun Ini, Yuk Kuliah di Prodi Smart Agriculture IPB University

Dibuka Tahun Ini, Yuk Kuliah di Prodi Smart Agriculture IPB University

Dibuka Tahun Ini, Yuk Kuliah di Prodi Smart Agriculture IPB University
Berita

Tahu nggak, tahun ini IPB University membuka Program Studi (Prodi) Smart Agriculture, lho. Prodi ini hadir untuk menjawab tantangan pertanian masa depan di tengah perkembangan teknologi di era 4.0 saat ini.

Penggunaan teknologi penginderaan dan geospasial serta kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di bidang pertanian adalah kompetensi utama lulusan Prodi Smart Agriculture IPB University. Kompetensi ini mencakup penerapan wall to wall system, mulai dari perencanaan, desain dan konstruksi hingga pengelolaan produksi pertanian, termasuk masalah pascapanen dan pemasaran.

“Lulusan Prodi Smart Agriculture dididik agar mampu merencanakan, membangun dan menerapkan sistem produksi pertanian yang inovatif dan cerdas. Selain itu, mereka mampu mengawasi transformasi pertanian dan mempercepat difusi teknologi ke masyarakat,” ujar Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof drh Deni Noviana.

Di sini, mahasiswa juga dituntut untuk menguasai secara menyeluruh konsep teoritis dan teknis dari bidang pertanian cerdas untuk memecahkan berbagai isu pertanian. Mahasiswa juga disiapkan dengan kemampuan analisis data tekstual dan spasial untuk membuat keputusan yang tepat dan menyediakan solusi alternatif.

“Mahasiswanya dibekali dengan skill yang dibutuhkan untuk pertanian cerdas skala korporasi yang berkelanjutan dan adaptif terhadap perubahan iklim. Pemahaman dasar ilmu pertanian serta penggunaan Internet of Things (IoT), instrumentasi, otomasi, ilmu spasial dan alat terkait lainnya turut diajarkan,” tambah dia.

Tahun 2024, Prodi Smart Agriculture IPB University menerima calon mahasiswa untuk kelas reguler dan kelas internasional dengan masing-masing kuota 40 dan 25. Pendaftaran terbuka untuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nsional BerdasarkanTes (SNBT) maupun Jalur Mandiri seperti Jalur Ketua OSIS, Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), Kelas Internasional, Beasiswa Utusan Daerah (BUD) dan Seleksi Mandiri Masuk IPB (SM-IPB).

Prodi ini dibuka bekerja sama dengan Gyeongsang National University (GNU) Korea Selatan, khususnya untuk penyelenggaraan kelas internasional. Dengan kerja sama tersebut, mahasiswa bisa dengan mudah berkesempatan untuk mengikuti pertukaran pelajar, kerja sama penelitian dan program pertanian cerdas yang didukung oleh Kementerian Pendidikan Republik Korea.

Tanggal penting pendaftarannya bisa dicatat yaitu SNBP (14-28 Februari), Kelas Internasional WNI jalur seleksi nilai rapor (22 Februari-6 Mei), SNBT (21 Maret-5 April), Ketua OSIS dan PIN (1 Mei-14 Juni), BUD (1 Maret-9 Juni), SM-IPB (6 Mei – 19 Juni), Kelas Internasional WNI jalur SM-IPB Internasional (6 Mei-19 Juni).

Ayo segera daftar ke Prodi Smart Agriculture IPB University demi karier dan masa depan pertanian Indonesia yang lebih baik! (MW/Rz)