Calon Aktuaris, Kumpul! Prodi Aktuaria IPB University Siap Wujudkan Mimpimu

Calon Aktuaris, Kumpul! Prodi Aktuaria IPB University Siap Wujudkan Mimpimu

Calon Aktuaris, Kumpul! Prodi Aktuaria IPB University Siap Wujudkan Mimpimu
Berita

Menghadapi era ketidakpastian finansial, kehadiran ahli aktuaria menjadi semakin penting. IPB University, melalui Program Studi (Prodi) Sarjana (S1) Aktuaria, menghadirkan pendidikan yang tidak hanya inovatif tetapi juga sangat relevan dengan kebutuhan industri.

Prodi yang berada di bawah Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) memiliki mandat untuk menguasai ilmu aktuaria dan menerapkannya dalam berbagai sektor. Prodi ini membuka pintu bagi generasi muda yang siap menghadapi tantangan analisis risiko di berbagai industri.

Prodi Aktuaria IPB University memiliki beberapa keunggulan utama. Pertama, sebagai pionir program sarjana bidang ilmu aktuaria pertama di Indonesia. Keunggulan ini mencerminkan komitmen IPB University dalam memberikan pendidikan yang inovatif dan berkualitas.

Kedua, kurikulum Prodi Aktuaria dirancang dengan standar internasional untuk memastikan mahasiswa memiliki kompetensi utama dalam bidang aktuaria yang sejalan dengan standar ujian aktuaris profesional Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI).

Selain itu, kurikulum ini juga dipersiapkan sesuai dengan kurikulum Department of Statistics and Actuarial Science di University of Waterloo, Kanada, memberikan mahasiswa pemahaman yang mendalam dan relevan dalam menghadapi tantangan dunia aktuaria global.

Ketiga, Prodi Aktuaria menjalin kerja sama internasional yang erat dengan lembaga-lembaga prestisius seperti Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), Indonesia Financial Group (IFG), Nasional-Re, Society of Actuaries (SOA), dan University of Saarland – Germany.

Kolaborasi ini membuka pintu bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis, networking, dan peluang karier yang luas dalam dunia aktuaria, memperkaya pengalaman pendidikan mereka di IPB University.

Prodi Aktuaria IPB University berfokus untuk menciptakan sarjana yang memiliki penguasaan konsep aktuaria dan mampu mengambil keputusan berdasarkan analisis risiko. Lingkup aplikasinya melibatkan sektor-sektor strategis seperti pertanian, kelautan, bioindustri, asuransi, keuangan dan berbagai aktivitas industri lainnya.

Peluang karier lulusan Aktuaria IPB University sangat menjanjikan. Lulusan prodi ini dilengkapi dengan keahlian untuk menjadi seorang aktuaris yang sangat dihargai di berbagai industri. Mereka dapat menjelajahi karier di sektor-sektor yang membutuhkan analisis mendalam dan kemampuan kuantitatif, seperti industri asuransi dan perbankan.

Muhammad Dandi Saputra, salah satu mahasiswa Aktuaria IPB University sekaligus Ketua Actuarial Science Student Association (ASSA) periode 2023/2024 mengungkapkan bahwa prodi ini sangat membantu untuk persiapan menjadi seorang aktuaris, mengingat aktuaris di Indonesia masih sangat langka.

“Untuk menjadi seorang aktuaris itu tidaklah mudah, membuat gaji yang ditawarkan sangatlah menggiurkan. Sangat bervariasi terkait apa yang dipelajari, tapi secara garis besar mempelajari aplikatif dari ilmu matematika, statistika dan juga ekonomi. Di aktuaria juga belajar ‘basic to mid; terkait coding, seperti bahasa python dan R,” ujar Dandi.

Prodi Aktuaria IPB University membuka pintu bagi mahasiswa untuk memahami dan menguasai dunia kompleks analisis risiko. Dengan dukungan kurikulum berstandar internasional dan kerja sama dengan lembaga-lembaga bergengsi, prodi ini menjadi lompatan awal yang kuat bagi mereka yang tertarik membawa dampak positif di dunia keuangan dan risiko industri. (Shintia/Rz)