Wisuda, Rektor IPB University Sampaikan Tiga Pesan Penting Hadapi Tantangan Zaman

Wisuda, Rektor IPB University Sampaikan Tiga Pesan Penting Hadapi Tantangan Zaman

Wisuda, Rektor IPB University Sampaikan Tiga Pesan Penting Hadapi Tantangan Zaman
Berita

IPB University kembali mewisuda 800 lulusannya dari program multistrata, mulai dari Program Pendidikan Doktor, Magister, Sarjana dan Sarjana Terapan. Wisuda dilaksanakan di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga, (21/2).

Dalam sambutannya, Rektor IPB University, Prof Arif Satria menyampaikan tiga pesan penting untuk menghadapi tantangan zaman. Pertama, pentingnya memiliki mental pembelajar sejati, rasa selalu ingin belajar, menjadikan semua orang adalah guru, setiap tempat adalah sarana belajar.

Ia juga menyebut kutipan (quote) Albert Einstein yang menyatakan, “Once you stop learning, you start dying”. Prof Arif meyakini bahwa menjadi sukses tidak semata-mata karena guru atau orang tua, akan tetapi bagaimana mindset yang membangun dirinya.

“Einstein mengatakan once you stop learning, you start dying. Jika tidak reskilling, kita akan tertinggal oleh perubahan dan mati tidak punya peran. Orang dengan mental pembelajar biasanya memiliki mindset yang tumbuh, yakin dan optimis bahwa dirinya mampu berubah,” tambahnya.

Selain itu, Prof Arif berpesan agar para wisudawan memiliki mimpi dan fokus pada future practise. “Dengan future practise, kita akan menjadi leader. Tapi jika kita fokus pada best practices, kita akan selamanya menjadi follower,” tambahnya.

Pesan ketiga Rektor adalah agar wisudawan dapat memperkuat karakter dan integritas. Seperti riset yang dilakukan Thomas Stanley bahwa kunci sukses pertama adalah kejujuran.

Sebelumnya, ia menyebutkan kondisi dunia yang sangat cepat berubah. Dulu perubahan ditandai pada periode 1.000 tahunan atau disebut millenium, terus berkembang menjadi seratus tahunan yang dikenal abad.

“Kini kita merasakan perubahan setiap sepuluh tahunan, dan ke depan kita tidak tahu lagi perubahan di tahun 2030 nanti. Untuk itu, penting memiliki kemampuan beradaptasi terhadap perubahan,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pembina Dewan Pengurus Pusat (DPP HA) IPB University, Ir Iman Hilman, MM menambahkan dua kata kunci faktor sukses yaitu kejujuran dan disiplin. Ia menyampaikan bahwa karakter tersebut dimiliki oleh orang-orang di negara Asia Timur, seperti Jepang, Korea Selatan dan terbukti negaranya maju.

“Oleh karena itu, saya mengajak para wisudawan agar minimal dua karakter itu dimiliki, kejujuran dan disiplin. Hari ini saya menyambut baik Anda sebagai keluarga besar Himpunan Alumni, rumah besar alumni IPB University sebagai wadah para alumni untuk senantiasa berkhidmat pada tiga fokus pengabdian yaitu kepada almamater, kepada alumni dan kepada bangsa dan negara,” ucapnya. (dh/Rz)