Mahasiswa Profesi Dokter Hewan IPB University Dibekali Pengetahuan tentang Praktik Dokter dan Kondisi Dunia Kerja

Mahasiswa Profesi Dokter Hewan IPB University Dibekali Pengetahuan tentang Praktik Dokter dan Kondisi Dunia Kerja

Mahasiswa Profesi Dokter Hewan IPB University Dibekali Pengetahuan tentang Praktik Dokter dan Kondisi Dunia Kerja
Berita

Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University selenggarakan kegiatan Studium Generale dan Character Building untuk Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH) pada 15-20/1. Studium Generale merupakan kegiatan wajib bagi seluruh mahasiswa PPDH semester satu sampai tiga sedangkan Character Building diwajibkan bagi mahasiswa semester satu.

Kegiatan ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan mengenai penerapan ilmu kedokteran hewan pada berbagai bidang di dunia kerja yang disampaikan oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya. Selain itu, mahasiswa PPDH juga mendapatkan penjelasan mengenai kegiatan pendidikan satu semester ke depan.

Beberapa narasumber pada kegiatan tersebut yaitu drh Siti Zainab, drh Mukhlas, drh Syafrizon Idris, drh Wisnu Wasesa Putra, drh. Fitri Nursanti Purnomo, serta Drh Farida Camallia Zaenal dari Food and Agriculture and Organization (FAO) Emergency Center for Transboundary Animal Disease (ECTAD).

Drh Wisnu menjelaskan materi terkait peran dokter hewan karantina dalam pencegahan ke luar dan masuknya penyakit pada hewan. “Pencegahannya yaitu dengan melakukan pemeriksaan kebenaran dokumen persyaratan dan kesesuaian fisik dengan media pembawa yang dilalu-lintaskan, seperti hewan, produk hewan, atau media pembawa lain, “ jelasnya.

Lanjutnya, dokter perlu melakukan pemeriksaan gejala klinis pada hewan, melakukan pengasingan dan pengamatan pada hewan untuk memastikan bebas dari gejala klinis penyakit hewan menular, melakukan pengambilan sampel dan pemeriksaan laboratorium untuk tindakan karantina lebih lanjut dan memastikan hewan bebas penyakit,” ujar Drh Wisnu.

Pada rangkaian kegiatan ini, mahasiswa PPDH semester dua dan tiga mendapatkan materi seputar dunia kerja bidang kedokteran seperti praktisi hewan eksotik, drh M Piter Kombo, praktisi satwa akuatik drh Yus Anggoro Saputra, dari Sea World Ancol, Ocean Dream Samudra, Jakarta Bird Land dan penjelasan tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) oleh drh Rachmi Setyorini.

Secara umum, selain mempersiapkan mahasiswa dalam pelaksanaan pendidikan satu semester ke depan, rangkaian kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan calon dokter hewan tentang praktik serta kondisi dunia kerja pada bidang yang terkait dengan peran profesi dokter hewan. (AP/DDC/Lp)