Ini Tiga Keunggulan Prodi Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB University

Ini Tiga Keunggulan Prodi Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB University

Ini Tiga Keunggulan Prodi Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB University
Berita

Program Studi (Prodi) Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB University merupakan pionir pendidikan tinggi kelautan di tanah air dan menjadi benchmark bagi inisiasi maupun pengembangan program akademik sejenis di Indonesia. Prodi ini dikelola oleh Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPIK) IPB University.

Selama kuliah, mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB University akan mempelajari dan memahami karakter, fenomena, proses (fisika, kimia, biologi dan geologi laut) dengan menggunakan teknologi penginderaan jauh, akustik bawah air dan kecerdasan buatan untuk mengeksplorasi sumber daya dan lingkungan laut.

Setidaknya ada tiga keunggulan Prodi Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB University. Pertama, prodi ini menjadi trendsetter pendidikan bidang ilmu dan teknologi kelautan di Indonesia.

Kedua, Prodi Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB University telah terakreditasi nasional oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan akreditasi internasional Institute of Marine Engineering Science and Technology (IMarEST).

Ketiga, tidak sedikit mahasiswa prodi ini yang berhasil meraih berbagai penghargaan nasional maupun internasional selama kuliah. Salah satunya adalah Agavia Kori Rahayu, lulusan terbaik FPIK IPB University pada wisuda Agustus 2023.

“Selama kuliah saya memperoleh penghargaan Best Oral Presentation pada Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia – Frontiers in Marine Science and Technology 2021 di bawah mentoring Alm Dr Hawis H Madduppa,” ceritanya.

Di luar kampus, ia juga aktif menjadi ilustrator ilmiah buku Kerapu di Indonesia pada 2021 dan penerjemah ke bahasa Inggris buku Between Promises of Prosperity and Social-Environmental Impact: a journalistic exploration of the Indonesian oil palm industry pada 2023.

Mahasiswa prodi ini dibagi ke empat divisi keilmuan yaitu Divisi Akustik, Instrumentasi, dan Robotika Kelautan, Divisi Hidrobiologi Laut, Divisi Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) Kelautan, serta Divisi Oseanografi.

Setiap divisi didukung sarana dan prasarana memadai untuk menunjang kegiatan pembelajaran mahasiswa, di antaranya Stasiun Lapang Kelautan yang terletak di Palabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Penerapan ilmu dan teknologi kelautan dibutuhkan untuk kajian sifat-sifat dan proses fisika dan kimiawi di laut, interaksi fisika dan kimiawi dengan organisme di laut, model numerik untuk dinamika gerak massa air laut. Tak hanya itu, ilmu ini juga mampu memprediksi sebaran limbah di laut maupun material lainnya.

Prodi ini juga menerapkan ilmu dan teknologi kelautan untuk kajian tentang eksplorasi sumber daya dan lingkungan laut, salah satunya dengan penerapan Sistem Informasi Geografis (SIG) kelautan.

Kemudian kajian terkait rehabilitasi kualitas habitat, desain, pembuatan dan pengembangan alat dan instrumentasi kelautan, penerapan informasi Sistem Informasi Geografis (SIG) kelautan untuk eksplorasi sumber daya dan lingkungan laut serta menyediakan jasa konsultasi kelautan.

Prospek Karier
Lulusan Prodi Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB University dapat bekerja menjadi akademisi, peneliti kelautan, tenaga ahli/konsultan (kelautan, ilmu lingkungan, perikanan), birokrat, trainer, sociopreneur, atau pengelola pengadaan barang/jasa kelautan. (MHT/Rz)