Apa Bedanya Prodi Arsitektur Lanskap IPB University dengan yang Lain? Ini Jawaban Kakak Duta IPB

Apa Bedanya Prodi Arsitektur Lanskap IPB University dengan yang Lain? Ini Jawaban Kakak Duta IPB

Apa Bedanya Prodi Arsitektur Lanskap IPB University dengan yang Lain? Ini Jawaban Kakak Duta IPB
Berita

Fakultas Pertanian IPB University menawarkan Program Studi (Prodi) Arsitektur Lanskap (ARL). Prodi ARL IPB University sendiri berfokus pada keanekaragaman hayati tropis, karakter dan budaya lanskap yang mendukung pembangunan berkelanjutan.

Tapi apa perbedaan Prodi Arsitektur Lanskap IPB University dengan jurusan arsitektur di tempat lain? Maheswara Aulia Khrisna, Duta IPB Batch IX punya jawabannya.

Ia menyatakan bahwa Prodi ARL IPB University memiliki nilai lebih bila dibandingkan jurusan arsitek biasa, yakni pada bagian lanskapnya.

“Aku memilih kuliah di ARL IPB University karena memiliki ketertarikan di dunia seni yang cukup besar. Selain itu, ARL IPB University mempunyai keunikan karena bermain dengan tanaman, lanskap, jadi ada sisi lain yang ditonjolkan,” aku mahasiswa yang biasa dipanggil Mahes ini.

Mahes menuturkan hal menarik dari Departemen ARL salah satunya banyak aktivitas jalan-jalannya. Prodi ini memang menjadi satu di antara sekian prodi di IPB University yang sering mengadakan turun lapang.

“Waktu semester 4 ada mata kuliah bernama Kuliah Lapang. Pada mata kuliah ini kami diharuskan terbang ke Singapura, satu angkatan. Pengalaman ini sangat berkesan dan seru sekali,” ungkapnya.

“Di sana kami mengunjungi Capita Spring Sky Garden untuk melihat bagaimana pengelolaan rooftop pada gedung tersebut. Mulai dari adanya kafe di sana, bagaimana struktur tamannya, cara agar gedung tetap kokoh meski di atasnya terdapat pepohonan, juga tanaman apa yang dipakai sebagai pemecah angin di sana,” jelas Mahes.

Prodi yang telah terakreditasi nasional Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan International Federation Landscape Architecture (IFLA) ini memiliki tiga divisi yaitu Perencanaan Desain Lanskap, Manajemen Lanskap serta Tanaman dan Tata Hijau.

Prodi ini menerapkan kurikulum yang terintegrasi sesuai dengan standar nasional dan internasional sehingga mampu membangun kompetensi arsitek lanskap yang profesional dan mandiri serta diakui di dunia global.

Sebagai mahasiswa ARL IPB University, Mahes juga mengatakan bahwa selama kuliah ia mendapatkan lingkungan yang sangat supportive. Baik dari mahasiswa, dosen, bahkan tenaga kependidikannya.

“Pernah ada mahasiswa yang punya keterbatasan device, pihak prodi sampai memberikan akses kunci laboratorium komputer selama 7 pekan. Saat aku seleksi masuk Duta IPB pun, aku dibantu teman-teman membuat mini studio untuk memenuhi administrasi berupa Comp Card berisi foto,” kenangnya.

Senada dengan Mahes, seorang lulusan terbaik Fakultas Pertanian pada wisuda edisi Oktober 2023, Ardisia Fichandari mengatakan, Prodi ARL IPB University mengajarkan cara merencanakan, mendesain serta mengelola ruang dengan memperhatikan lingkungan sekaligus mempertimbangkan kebutuhan manusia.

Dia juga menambahkan, “Menurut saya, bidang arsitektur lanskap merupakan bidang yang sangat dibutuhkan di era gempuran environmental issues. Oleh karena itu, saya menjatuhkan pilihan saya untuk lebih banyak menggali ilmu di ARL IPB University.”

Lulusan dari departemen ini memiliki prospek kerja yang luas. Seperti menjadi landscape planner dan designer perusahaan, konsultan arsitektur/arsitektur lanskap, landscape contractor, landscape manager, dosen dan peneliti, maupun nurseryman (wirausaha budi daya tanaman hias lanskap). (Fatin/Rz)