Yuk Intip Prodi di IPB University Ini: Pertama dan Terbaik di Indonesia dalam Bidang IImu dan Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan

Yuk Intip Prodi di IPB University Ini: Pertama dan Terbaik di Indonesia dalam Bidang IImu dan Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan

Yuk Intip Prodi di IPB University Ini: Pertama dan Terbaik di Indonesia dalam Bidang IImu dan Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan
Berita

Sebagai negara kepulauan, saat ini Indonesia mulai mendorong strategi ekonomi biru untuk menjadi penggerak perekonomian berkelanjutan. Strategi tersebut tentunya membutuhkan sumber daya manusia (SDM) unggul dengan wawasan manajemen pengelolaan sumber daya perairan yang baik.

Program Studi (Prodi) Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University merupakan salah satu pilihan tepat yang mampu mencetak lulusan dengan beragam kompetensi unggul sesuai tuntutan tersebut.

Mahasiswa Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan IPB University mempelajari tentang pengembangan ilmu pengelolaan sumber daya perairan (tawar, payau dan laut) yang berkaitan dengan kelestarian, konservasi, ekosistem perairan dan perikanan yang berkelanjutan.

Menariknya, Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan IPB University merupakan prodi pertama dan terbaik di Indonesia dalam bidang ilmu dan pengelolaan sumber daya dan lingkungan perairan.

“Prodi ini sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan memiliki akreditasi internasional yang membanggakan dari Badan Akreditasi Program Studi Teknik, Informatika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika (ASIIN),” papar Ketua Departemen MSP, Prof Hefni Effendi.

Akreditasi internasional ASIIN ini semakin menegaskan standar dan kualitas Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan IPB University.

Di Prodi ini, mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dasar, kemampuan teknis hingga manajerial di berbagai aspek. Meliputi pemahaman ekosistem perairan, bio-ekologi, konservasi, ekowisata perairan, pengelolaan sumber daya berdasarkan pendekatan ekosistem hingga pengelolaan kawasan perairan.

Lulusan Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan IPB University bisa memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memecahkan tantangan kompleks yang dihadapi ekosistem dan sumber daya perairan di abad ke- 21.

Di luar kompetensi utama, mahasiswa juga akan dibekali dengan mata kuliah kewirausahaan dan soft skill demi mencetak lulusan yang profesional dan berkarakter kewirausahaan. Tidak mengherankan bila banyak lulusannya sukses menjadi pengusaha, misalnya Aang Permana, Founder PT Ikanovasi Daya Lokal yang bergerak di bidang olahan produk perikanan dengan brand “Si Petek”.

Alumnus lainnya, Atika Ambar Wati, salah satu lulusan terbaik FPIK IPB University asal SMA Negeri 1 Kroya, Cilacap ini menceritakan bahwa berkuliah di Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan membuka cakrawala ilmu pengetahuannya di bidang perikanan dan perairan yang lebih luas dan mendalam.

“Proses pembelajarannya menarik, tidak hanya terbatas di ruang kelas. Ini membuat saya lebih mudah untuk memahami mata kuliah yang diajarkan. Kegiatan praktikum di laboratorium dan turun lapang memberikan pengalaman belajar yang seru dan berkesan,” ujar Atika yang saat ini bekerja di startup platform edu-tech terbesar di Asia.

Prospek kerja
Kesempatan kerja bagi lulusan Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan IPB University terbuka lebih lebar. Prospek menjanjikan yang bisa dipilih antara lain sebagai akademisi atau peneliti, birokrat atau pengambil kebijakan sumber daya perairan dan perikanan ataupun lingkungan perairan dan kawasan konservasi.

Lulusan juga bisa menjadi praktisi di bidang lingkungan perairan, penggiat organisasi nirlaba (NGO) konservasi, wirausahawan (start-up) di bidang perencanaan zonasi spasial atau perikanan. (MW/Rz)