Tertarik Kuliah ke IPB University? Yuk Pilih Prodi Pelopor Pendidikan Tinggi Teknik Pertanian dan Biosistem di Indonesia Ini

Tertarik Kuliah ke IPB University? Yuk Pilih Prodi Pelopor Pendidikan Tinggi Teknik Pertanian dan Biosistem di Indonesia Ini

Tertarik Kuliah ke IPB University Yuk Pilih Prodi Pelopor Pendidikan Tinggi Teknik Pertanian dan Biosistem di Indonesia Ini
Berita

Tahukah kamu, Program Studi (Prodi) Teknik Pertanian dan Biosistem IPB University merupakan pelopor pendidikan tinggi di bidang teknik pertanian dan biosistem di Indonesia. Prodi ini berada di Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB University.

Dalam sejarahnya, nama Prodi Teknik Pertanian dan Biosistem telah beberapa kali mengalami perubahan. Mulai dari Mekanisasi Pertanian (1964), Keteknikan Pertanian (1981), Teknik Pertanian (2000), Teknik Mesin dan Biosistem (2010) dan akhirnya menjadi Teknik Pertanian dan Biosistem sejak 2017.

Prodi Teknik Pertanian dan Biosistem IPB University telah terakreditasi Unggul oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Prodi ini juga telah terakreditasi internasional dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).

Dalam prodi ini, terdapat empat divisi keilmuan, yaitu teknik bioinformatika, teknik biosistem, teknik energi terbarukan, serta teknik mesin dan otomasi.

Perkuliahan di Prodi Teknik Pertanian dan Biosistem IPB University tidak hanya teori saja, tetapi juga berorientasi bagaimana pengembangan dan penerapan teknologi di bidang pertanian. Jangan heran kalau banyak inovasi-inovasi IPB University yang dilahirkan dari prodi ini.

“Bahkan mahasiswanya pun banyak yang memenangkan kompetisi lomba, termasuk Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Alasan utamanya ya tadi, kita belajar teori untuk diterapkan untuk user,” ujar Angga Firmansyah, ST, alumnus Prodi Teknik Pertanian dan Biosistem IPB University yang saat ini sedang menjalani Program Sinergi S1-S2 (fast track).

Menurut Angga, sosok yang pernah menjadi Mahasiswa Berprestasi Fateta IPB University tahun 2021 ini, materi yang diajarkan di Prodi Teknik Pertanian dan Biosistem IPB University sangat relevan pada zaman modern saat ini. Di sini mahasiswa mempelajari teknik menanam di green house, alat dan mesin budi daya, machine learning untuk sistem informasi pertanian, energi terbarukan dan masih banyak lagi.

“Tak hanya teori di dalam kelas, kita juga diajarkan penerapannya di lapangan. Pemahaman tersebut tentu diperlukan untuk menjawab peran aktif generasi muda saat ini dan masa depan, khususnya pada bidang pertanian,” kata dia.

“Buat kamu yang tertarik belajar teknologi pertanian, Prodi Teknik Pertanian dan Biosistem IPB University merupakan jawaban yang sangat tepat,” imbuh alumnus IPB University yang pernah meraih empat medali perunggu pada ajang Pimnas 2020 dan 2021 ini.

Prospek kerja
Prospek kerja lulusan Prodi Teknik Pertanian dan Biosistem IPB University cukup banyak. Lulusan prodi ini bisa bekerja di industri pengolahan pangan dan hasil, industri perkebunan, dosen atau akademisi, peneliti di berbagai lembaga penelitian, birokrat di kementerian/lembaga/badan/pemerintah daerah atau menjadi wirausahawan. (MHT/Rz)