Prodi Agronomi dan Hortikultura IPB University Cocok Untuk Siapa? Cek di Sini Deh

Prodi Agronomi dan Hortikultura IPB University Cocok Untuk Siapa? Cek di Sini Deh

Prodi Agronomi dan Hortikultura IPB University Cocok Untuk Siapa Cek di Sini Deh
Berita

Program Studi (Prodi) Agronomi dan Hortikultura (AGH) merupakan prodi tingkat sarjana di Fakultas Pertanian (Faperta) IPB University. Prodi ini sangat cocok untuk kamu yang punya hobi dan ketertarikan seputar tanaman seperti tanaman pangan ataupun tanaman hias.

Jika bergabung di prodi ini, mahasiswa akan mengetahui bagaimana cara agar budi daya tanaman mendapat hasil produksi yang maksimal dan berkelanjutan. Selama kuliah, mahasiswa akan banyak belajar tentang proses dan teknik pengelolaan tanaman pertanian mulai dari pengolahan tanah, penanaman benih, pemupukan, penanganan hama, penyakit tanaman hingga tanaman siap untuk dipanen.

Lulusan Prodi Agronomi dan Hortikultura IPB University diharapkan mampu mengembangkan varietas unggul baru, teknik budi daya tanaman secara presisi baik invivo maupun invitro untuk mendukung kualitas dan keberlanjutan produksi serta penyediaan benih berkualitas untuk kontinuitas produksi tanaman.

Ilmu mengenai budi daya tanaman yang diajarkan di Prodi Agronomi dan Hortikultura IPB University sangat luas. Hal ini merupakan kombinasi dari beberapa aspek mulai dari genetika dan pemuliaan tanaman, ilmu dan teknologi benih, hingga ekofisiologi dan produksi tanaman, baik dengan pendekatan konvensional maupun pemanfaatan bioteknologi.

Hal menarik dari prodi ini adalah mahasiswa tidak hanya belajar pertanian dari sisi teknis di lapangan. Mereka juga diberikan pemahaman mengenai pertanian dari sisi ekonomi, politik dan sosial, serta keterampilan dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan menentukan alternatif pemecahan masalah.

“Para mahasiswa juga diajarkan mengevaluasi proses produksi melalui manajemen perencanaan sehingga diharapkan dapat menciptakan produksi yang berkelanjutan,” kata salah satu lulusan terbaik Fakultas Pertanian dari Prodi Agronomi dan Hortikultura, Muthi’ah Khairun Nisa saat membagikan pengalamannya selama kuliah di IPB University.

Salah satu keunggulan Prodi Agronomi dan Hortikultura IPB University adalah telah mendapat akreditasi nasional dengan nilai A dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Prodi ini juga telah mendapat akreditasi internasional dari The Accreditation Agency for Study Programmes in Engineering, Informatics, Natural Sciences and Mathematics (ASIIN).

Prospek Kerja
Prospek kerja dari lulusan Prodi Agronomi dan Hortikultura IPB University cukup menjanjikan. Lulusannya dapat menjadi wirausahawan bidang pertanian, dosen, pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pegawai di instansi pemerintah, pegawai swasta seperti perusahaan perkebunan, industri benih, atau industri proses produk pertanian. Menjadi konsultan bidang pertanian atau peneliti juga sangat terbuka bagi lulusan prodi ini. (MHT/Rz)