Meriahnya Perayaan Satu Tahun Museum dan Galeri IPB Future

Meriahnya Perayaan Satu Tahun Museum dan Galeri IPB Future

Meriahnya Perayaan Satu Tahun Museum dan Galeri IPB Future
Berita

Pada tanggal 12/1, Museum dan Galeri IPB Future resmi berusia satu tahun. Untuk memeriahkan perayaan hari ulang tahun, Museum dan Galeri IPB Future adakan berbagai rangkaian acara pada 12-31/1. Salah satu kegiatan perayaannya yaitu pameran temporer bertajuk “Memorabilia Dasawarsa IPB: Merangkai Perkembangan 10 Tahun IPB dalam Sepekan” di gedung Museum dan Galeri IPB Future, Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Sebanyak 100 siswa dari Sekolah Murid Merdeka (SMM) Kota Bogor juga ikut memeriahkan rangkaian acara melalui pembacaan dongeng berjudul “Tolong Selamatkan Aku” yang disampaikan oleh Rahmah Zikra Utami, pegiat dongeng Kota Bogor. Menggunakan metode fun-learning, pembacaan dongeng dimaksudkan dapat meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap sejarah dan museum, khususnya Museum dan Galeri IPB Future.

Asisten Bidang Arsip Digital dan Pengelolaan Museum, Lembaga Manajemen Informasi dan Transformasi Digital (LMITD) IPB University, Dr Syafitri Hidayati menyampaikan, “Jika diibaratkan usia pertumbuhan manusia, maka pada satu tahun ini, museum IPB University masuk pada fase berjalan. Selain itu arahan dan dukungan dari Rektor IPB University dan jajarannya turut berperan penting dalam pengembangan program di museum ini,” ungkap Dr Syafitri.

Kepala LMITD, Ir Julio Adisantoso, M.Kom mengapresiasi capaian Museum dan Galeri IPB Future selama satu tahun kebelakang. “Saya berharap museum ini dapat menjadi rujukan pembelajaran pendidikan tinggi pertanian di Indonesia,”

Sementara itu, Dr Alim Setiawan Slamet, Wakil Rektor IPB University bidang Resiliensi Sumberdaya dan Infrastruktur menyampaikan kebanggaan dan harapan ke depan bagi Museum dan Galeri IPB Future.

“Kami ucapkan selamat ulang tahun Museum dan Galeri IPB Future. Mudah-mudahan semakin maju, semakin sukses, semakin banyak koleksinya, semakin hidup untuk memberikan inspirasi bagi seluruh warga IPB University, juga bagi seluruh masyarakat Indonesia. Jaya selalu,” ucapnya.

Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Deni Noviana ikut memberikan ucapan selamat harapan terhadap perkembangan Museum dan Galeri IPB Future. “Saya berharap Museum dan Galeri IPB Future dapat senantiasa memberikan informasi-informasi terkait dengan sejarah dan perkembangan IPB University serta visi perguruan tinggi ke depannya,” tutur Prof Deni.

Hadir pula Prof Agus Purwito, selaku Sekretaris Institut. Beliau berharap dengan bertambahnya usia, Museum dan Galeri IPB Future tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk meletakkan koleksi-koleksi lama yang penuh kenangan melainkan juga dapat terus berkembang dan senantiasa menampilkan kegiatan yang mengandalkan sistem informasi dan digitalisasi yang menarik.

Puncak perayaan ditutup dengan pemutaran video “Museum dan Galeri IPB Future 1 Tahun” yang menyajikan perkembangan dan peningkatan jumlah kunjungan sebagai dampak positif atas peningkatan layanan yang dilakukan. Museum dan Galeri IPB Future senantiasa bertumbuh dan berkembang menyajikan informasi sejarah, perkembangan dan masa depan pendidikan tinggi pertanian di Indonesia secara rekreatif sehingga dapat memberikan manfaat pada generasi selanjutnya. (*/Lp)