Mahasiswa KKN Tematik Inovasi IPB University Bersama DLH Cianjur Adakan Aksi Penghijauan di Desa Cibarengkok

Mahasiswa KKN Tematik Inovasi IPB University Bersama DLH Cianjur Adakan Aksi Penghijauan di Desa Cibarengkok

Mahasiswa KKN Tematik Inovasi IPB University Bersama DLH Cianjur Adakan Aksi Penghijauan di Desa Cibarengkok
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cianjur menjalin kemitraan kuat dalam melaksanakan kegiatan penghijauan di Desa Cibarengkok, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur pada 12/1. Dukungan penuh diberikan oleh Kepala Desa Cibarengkok serta perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur.

Mengusung semangat menjaga keberlanjutan lingkungan dan meningkatkan kesadaran ekologis, mahasiswa memilih lokasi penghijauan di Sangiang Cekas yang merupakan salah satu potensi wisata Desa Cibarengkok. Keputusan ini didasari oleh potensi besar tempat wisata tersebut dalam mendukung program penghijauan dan pelestarian lingkungan serta meningkatkan keindahan potensi wisata Desa Cibarengkok.

Penghijauan dilakukan dengan penanaman sebanyak 20 bibit tanaman buah seperti nangka, jeruk, jambu kristal, mangga dan jambu air. Aksi ini dihadiri oleh pemerintah Desa Cibarengkok, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan juga masyarakat setempat.

Tatan Hermawan, Sekretaris Desa Cibarengkok yang turut hadir menyampaikan, “Kami atas nama pemerintah Desa Cibarengkok berterima kasih dan mengapresiasi tim mahasiswa IPB University yang telah melaksanakan penanaman bibit buah di lokasi wisata Sangiang Cekas yang bekerjasama dengan DLH Kabupaten Cianjur. Semoga bibit yang ditanam dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat memperindah lokasi wisata,” ujar Tatan.

Lanjut Tatan, selain memberikan dampak positif secara fisik, dengan kehadiran tanaman buah yang tumbuh subur, kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman ekologis yang lebih dalam kepada masyarakat.

“Harapannya program seperti ini dapat diaplikasikan lebih luas lagi setelah. Semoga para mahasiswa IPB University ke depan menjadi pegiat yang peduli akan lingkungan, dan kelestarian alam begitu juga pertanian,” ungkapnya.

Salah satu mahasiswa KKNT Inovasi IPB University menyatakan, “Kami berharap bahwa kegiatan ini akan menjadi tonggak awal bagi perubahan positif di Desa Cibarengkok dan sekitarnya. Melalui penanaman pohon, kami ingin memberikan kontribusi nyata dalam menjaga keberlanjutan alam dan menciptakan lingkungan yang sehat bagi generasi mendatang,” tuturnya.

Selain itu, ia menegaskan bahwa penghijauan bukan hanya sebatas penanaman pohon, melainkan upaya menciptakan destinasi wisata yang ramah lingkungan dan menarik bagi pengunjung. Kolaborasi ini diharapkan dapat menjadikan Sangiang Cekas sebagai inspirasi bagi destinasi wisata lain di Kabupaten Cianjur.

“DLH Kabupaten Cianjur tak hanya memberikan dukungan teknis dan sumber daya, tetapi juga menggarisbawahi pentingnya kerjasama antara perguruan tinggi, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, hijau dan berkelanjutan,” ungkapnya. (*/Lp)