Mahasiswa KKN-T Inovasi IPB University Wujudkan Kebersihan Lingkungan melalui Taman Kreasi di Bojong Rangkas

Mahasiswa KKN-T Inovasi IPB University Wujudkan Kebersihan Lingkungan melalui Taman Kreasi di Bojong Rangkas

Mahasiswa KKN-T Inovasi IPB University Wujudkan Kebersihan Lingkungan melalui Taman Kreasi di Bojong Rangkas
Student Insight

Mahasiswa KKN-T IPB University kembali menorehkan jejak positif dalam menginspirasi kebersihan lingkungan. Kali ini, mereka berhasil mewujudkan Taman Kreasi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 Bojong Rangkas sebagai wujud konkrit kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Peresmian Taman Kreasi dilaksanakan pada Selasa, 23/1.

Mahasiswa tidak hanya menghadirkan keindahan visual, tetapi juga melibatkan siswa SDN 05 Bojong Rangkas dalam proses pembuatan taman. Mereka bukan hanya menciptakan lingkungan yang bersih dan indah, tetapi juga meningkatkan kesadaran serta partisipasi aktif anak-anak dalam menjaga kebersihan.

Nisa, salah satu mahasiswa KKN-T IPB University berharap Taman Kreasi tersebut akan menjadi langkah awal dalam membangkitkan kesadaran untuk merawat kebersihan lingkungan.

“Tujuan kami bukan hanya terbatas pada perawatan taman ini, melainkan juga mencakup seluruh lingkungan di sekitar SDN 05 Bojong Rangkas. Dengan begitu dapat menciptakan kondisi yang nyaman bagi pembelajaran di sekolah.” ungkapnya.

Ia menerangkan bahwa peresmian taman tersebut menjadi momentum penting yang menandai keberhasilan kolaborasi antara mahasiswa dan siswa-siswa SDN 05 Bojong Rangkas sebagai langkah awal menciptakan lingkungan yang bersih dan asri. Acara peresmian juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, termasuk kegiatan kesenian dan kewirausahaan oleh siswa-siswa.

“Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan kesan positif dan edukatif bagi seluruh peserta yang hadir. Dengan semangat nyata untuk menciptakan perubahan, kami mahasiswa memilih konsep Taman Kreasi sebagai sarana edukasi dan percontohan bagi lingkungan bersih dan hijau,” tutur Nisa.

Lanjut Nisa, proyek tersebut diinisiasi dengan memanfaatkan lahan yang ada di SDN 05 Bojong Rangkas, dengan memberikan sentuhan kreatif mural serta memadukan berbagai tanaman hias, batuan alam, dan elemen dekoratif dari sampah botol plastik.

“Sampah botoh plastik bukan hanya memberikan nilai estetika pada taman, tetapi juga memberikan solusi terhadap masalah sampah plastik dengan cara daur ulang yang kreatif,” ujarnya.