IPB University Sosialisasikan Program Praktisi Mengajar Tahun 2024

IPB University Sosialisasikan Program Praktisi Mengajar Tahun 2024

IPB University Sosialisasikan Program Praktisi Mengajar Tahun 2024
Berita

IPB University laksanakan sosialisasikan Program Praktisi Mengajar ke-4 (PM4) Tahun 2024. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan secara daring dengan mengundang para Wakil Dekan Fakultas/Sekolah, Ketua Departemen, Ketua Program Studi dan dosen di lingkungan IPB University pada 16/1.

Dalam arahannya,Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Deni Noviana, menyampaikan bahwa Program Praktisi Mengajar (PM) dilaksanakan dalam rangka menunjang peningkatan pengayaan model pembelajaran.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang termasuk dalam program flagship dari pemerintah. IPB University telah mengikuti Program Praktisi Mengajar sejak PM2 dan PM3. Tahun 2024 ini merupakan Praktisi Mengajar Angkatan ke- 4,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan Program PM2 dan PM3 memberikan pengalaman dan manfaat yang luar biasa bagi mahasiswa dan dosen IPB University terkait dengan pemutakhiran inovasi pembelajaran terkait dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Rencana Pengembangan Diri (RPD), Rubrik Penilaian, hard skill, soft skill, power skill hingga future skill mahasiswa.

Selain itu, Prof Deni menyampaikan bahwa Program PM telah memberikan dampak yang nyata bagi perkuliahan di IPB University.

“PM 2 telah melibatkan 38 Rencana Kelas Kolaborasi (RKK) dengan 34 praktis. Data tersebut meningkat di PM3 menjadi 56 RKK dengan 61 praktisi sehingga memberikan dampak yang positif bagi Indeks Kerja Utama (IKU) ke-4 IPB University, juga nantinya berimbas pada IKU 7, IKU 1 dan juga IKU 2,” tuturnya.

Lanjutnya, IPB University selalu mendorong kegiatan PM dengan senantiasa menjaga keberlanjutannya hingga mengalami peningkatan kolaborasi, baik dari jumlah Mata Kuliah (MK), RKK, praktisi, dosen serta tentunya jumlah mahasiswa yang memperoleh benefit dari program PM ini.

Sementara itu, Koordinator Perguruan TInggi untuk Praktisi Mengajar IPB University, Dr Kaswanto menyampaikan berbagai hal terkait panduan teknis sesuai yang tertuang dalam Materi Sosialisasi PM4 oleh panitia pusat. Hal tersebut berkaitan dengan skema kolaborasi, skema proses PM, pendanaan, syarat dan ketentuan bagi koordinator perguruan tinggi, peserta program PM4 hingga lini masa Program PM angkatan 4, juga kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.

“Sosialisasi dilaksanakan hingga tanggal 31 Januari 2024. Pendaftaran akun perguruan tinggi dilakukan hingga tanggal 25 Januari 2024,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menghimbau kepada peserta yang belum berkesempatan mengikuti sosialisasi dapat mempelajari dan mengakses panduan PM4 melalui laman https://s.id/PitchDeckSosialisasiPM4. (dh/Lp)