IPB University Dampingi Petani Pepaya Calina di Desa Cidolog, Ciamis

IPB University Dampingi Petani Pepaya Calina di Desa Cidolog, Ciamis

IPB University Dampingi Petani Pepaya Calina di Desa Cidolog, Ciamis
Berita

Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim (DPMA) IPB University hadir di Desa Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat untuk mendampingi petani pepaya calina. Varietas lokal pepaya calina merupakan hasil pemuliaan peneliti IPB University.

Dalam pendampingan tersebut, DPMA IPB University diwakili oleh Danang Aria Nugroho, SE, MSi selaku Supervisor Layanan Agromaritim dan Digital Farming, didampingi oleh Koswara, SE, MSi dan mahasiswa dari Fakultas Pertanian.

Pendampingan IPB University mendapatkan sambutan hangat dari Ketua Asosiasi Pepaya Calina, H Asep. Dalam prosesnya, ia mengungkapkan bahwa treatment dilakukan dengan sistem pola tanam berumur dua minggu, dua bulan dan enam bulan.

“Dengan kehadiran IPB University di Desa Cidolog, saya berterima kasih karena petani selama ini hanya belajar secara otodidak. Harapan kami, IPB University dapat memberikan ilmu dan bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat desa,” ujar H Asep.

Danang Aria Nugroho pada kesempatan itu menjelaskan bahwa kehadiran IPB University di Ciamis sebagai bagian dari program Quick Respons. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil kebun pepaya calina, termasuk pascapanen melalui optimalisasi pemasaran.

Setelah sesi pendampingan, delegasi IPB University bertemu dengan pemerintah desa dan disambut hangat Kepala Desa Cidolog, Dudung Abdurachman, SIP. Menurut Dudung, hadirnya IPB University diharapkan dapat membantu masyarakat dalam bidang pertanian.

“Terima kasih, sebuah anugerah ke depannya jika bisa berkolaborasi untuk kemakmuran masyarakat Cidolog dan membantu program pemerintah desa,” ucapnya. (*/Rz)