Beri Pendampingan, IPB University Jawab Keluh Kesah Petani Pepaya Calina di Desa Mekarharja

Beri Pendampingan, IPB University Jawab Keluh Kesah Petani Pepaya Calina di Desa Mekarharja

Beri Pendampingan, IPB University Jawab Keluh Kesah Petani Pepaya Calina di Desa Mekarharja
Berita

Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim (DPMA) IPB University melakukan kegiatan pendampingan dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen pepaya calina di Desa Mekarharja, Banjar, Jawa Barat. Hal ini dilakukan IPB University untuk menjawab beragam keluh kesah petani calina di desa tersebut.

Pendampingan ini diwakili oleh Danang Aria Nugroho, SE, MSi sebagai Supervisor Layanan Agromaritim dan Digital Farming DPMA IPB University bersama Koswara, SE dan tim dari Fakultas Pertanian. Tim IPB University memberikan dukungan prosedur operasional baku (POB) kepada para petani guna memperbaiki hasil panen dan efisiensi pertanian.

“Kegiatan ini adalah bentuk upaya DPMA IPB dalam mendukung petani pepaya calina di Kota Banjar yang menjadi langkah positif untuk mengoptimalkan potensi pertanian lokal dan meningkatkan kesejahteraan petani,” ungkap Danang.

DPMA IPB University dan tim turun ke lapangan secara langsung untuk menjawab keluh kesah yang dihadapi petani mengenai pemupukan serta penanggulangan hama dan penyakit yang efisien, hingga strategi pemasaran yang lebih baik.

Pendampingan yang dilakukan mencakup berbagai aspek, mulai dari teknik budi daya hingga penanggulangan hama dan penyakit pada pepaya calina. Melalui serangkaian pendampingan tersebut, DPMA IPB berupaya memperkenalkan inovasi dalam pertanian kepada para petani.

“Selain itu, IPB University juga memfasilitasi akses petani kepada sumber daya seperti benih atau bibit unggul, agen hayati, hingga pestisida guna mendukung pertanian berkelanjutan,” tandas Danang. (*/Rz)