Mie University Jepang Kunjungi IPB University, Perkuat Kerja Sama Bidang Biodiversitas

Mie University Jepang Kunjungi IPB University, Perkuat Kerja Sama Bidang Biodiversitas

Mie University Jepang Kunjungi IPB University, Perkuat Kerja Sama Bidang Biodiversitas
Berita

Delegasi dari Mie University Jepang melakukan kunjungan ke IPB University. Kunjungan bertujuan untuk memperkuat kerja sama di bidang biodiversitas. Delegasi Mie University dipimpin oleh Prof T Sakai, Vice President and Executive Director for Collaborative and Research Mie University.

Selain itu, delegasi dari Mie University terdiri Prof M Tsukada (Head of International Exchange Committee, Graduate School of Bioresources), Asocc Prof F Okazaki (Laboratory of Quality in Marine Products) dan beberapa staf.

“IPB University dan Mie University harus memperkuat dan memperluas bidang kolaborasi di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” kata Rektor IPB University, Prof Arif Satria.

Prof M Tsukada, Head of International Exchange Committee, Graduate School of Bioresources, Mie University mendukung kerja sama joint degree antara IPB University dan Mie University. Menurut dia, program joint degree memungkinkan adanya integrasi kurikulum dan peningkatan pengalaman pembelajaran bagi mahasiswa.

Selain itu, diperlukan juga peningkatan kolaborasi di bidang riset antara IPB University dan Mie University. Asocc Prof F Okazaki, Laboratory of Quality in Marine Products Mie University memiliki ketertarikan dalam bidang biodiversitas mikrobiologi IPB University. Ia berharap bahwa nantinya akan ada kolaborasi penelitian dengan IPB University.

“IPB University dan Mie University berkomitmen untuk memajukan bidang biodiversitas antara Jepang dan Indonesia. Kita dapat membentuk konsorsium pendidikan dengan Mie University,” tutur Prof Anuraga Jayanegara, Direktur Direktorat Kajian Strategis dan Reputasi Akademik.

Prof Mala Nurilmala, Guru Besar IPB University dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) menambahkan, “Kolaborasi terkait sumber daya hayati dengan perusahaan Jepang untuk magang mahasiswa IPB University sejauh ini telah terlaksana. Bentuk kerja sama lainnya yang dapat dikembangkan yaitu joint guest lecture dan program summer course.”

Turut hadir Dr Berry Juliandi (Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Dr Eva Anggraini (Direktur Direktorat Konektivitas Global/DKG), drh Dordia Rotinsulu, MSi (Asisten Direktur Bidang Layanan Program Internasional, DKG) dan Alfiasari, MSi (Asisten Direktur Penyelenggaraan Pendidikan Internasional, Direktorat Pendidikan Internasional).

Semua pihak berharap kerja sama ini dapat memperluas jejaring IPB University di tingkat internasional, terutama di kawasan Asia. (DKG/Rz)