Mahasiswa IPB University Belajar Kemitraan Melalui Program Mahasiswa Mengabdi Tematik

Mahasiswa IPB University Belajar Kemitraan Melalui Program Mahasiswa Mengabdi Tematik

Mahasiswa IPB University Belajar Kemitraan Melalui Program Mahasiswa Mengabdi Tematik
Student Insight

Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim (DPMA) IPB University melalui program Mahasiswa Mengabdi Tematik melakukan kunjungan ke salah satu mitra di Kampung Cicadas, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa IPB University diajarkan tentang budi daya pepaya calina dengan mempelajari, mengembangkan dan menerapkan praktik pertanian yang inovatif dan berkelanjutan.

Pepaya calina adalah buah asli Indonesia. Varietas unggul ini merupakan hasil pemuliaan para peneliti dari IPB University. Pepaya calina terkenal memiliki karakteristik rasa yang manis, daging buah yang tebal, tahan penyakit tertentu, serta memiliki nilai komersial yang tinggi.

Varian pepaya ini sering menjadi pilihan bagi petani atau pengusaha pertanian karena kualitasnya yang unggul, daya tariknya bagi konsumen dan potensi pasar yang baik. Dalam konteks pengembangan pertanian, pepaya calina sering menjadi fokus bagi para peneliti dan petani yang tertarik pada pengembangan varietas unggul dan pemahaman pasar yang lebih mendalam.

Pada kesempatan ini, mahasiswa IPB University belajar penerapan praktik pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dalam budi daya pepaya calina. Beberapa di antaranya yakni terkait teknik pertanian organik, manajemen sumber daya alam dan langkah pendekatan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Selanjutnya mahasiswa diajak untuk memahami kemitraan tentang pasar lokal maupun internasional buah pepaya calina, termasuk strategi pemasaran, distribusi dan peningkatan nilai tambah produk.

Dengan fokus pepaya calina, mahasiswa dapat menggabungkan pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu seperti pertanian, ilmu lingkungan, manajemen agribisnis dan pemasaran untuk menghasilkan pemahaman yang lebih komprehensif dan solusi yang lebih holistik pada pertanian dan pengembangan produk pertanian.

“Kegiatan hari ini santai tapi serius dan pastinya penuh dengan ilmu yang bermanfaat. Kami belajar bagaimana melihat potensi pertanian untuk saat ini dan ke depannya yang masih terus berkembang. Bisa tahu pasar pepaya calina juga dan hal-hal yang menjadi fokus pembelajaran sebagai mahasiswa pertanian. Pastinya kegiatannya seru banget,” kesan Irzi, mahasiswa Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian IPB University peserta program Mahasiswa Mengabdi Tematik. (*/Rz)