Lewat Agricamp, IPB University Kenalkan Dunia Pertanian kepada Mahasiswa Internasional

Lewat Agricamp, IPB University Kenalkan Dunia Pertanian kepada Mahasiswa Internasional

Lewat Agricamp, IPB University Kenalkan Dunia Pertanian kepada Mahasiswa Internasional
Berita

IPB University mengadakan Agricamp for International Students di Agribusiness and Technology Park (ATP) IPB University (9/12). Acara ini digelar sebagai tanda perpisahan kepada 30 mahasiswa internasional yang telah menyelesaikan pendidikan di IPB University.

Kegiatan ini ditujukan bagi mahasiswa internasional dari program student exchange dan penerima beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) angkatan 2023. Tak hanya itu, Agricamp juga diikuti oleh mahasiswa internasional penerima beasiswa Indofood dan The German Academic Exchange Service (DAAD).

Direktur Pendidikan Internasional IPB University, Puji Mudiana SP, MA mengungkapkan acara perpisahan ini diadakan dalam bentuk Farewell Party, sebagai penutup setelah mahasiswa internasional menyelesaikan satu semester di IPB University. Selama di IPB University, mahasiswa ini telah menjalani berbagai kegiatan, mengambil kelas/mata kuliah dan aktivitas riset.

“Sebagai momen berkesan, kami memutuskan untuk mengadakan Agricamp khusus untuk mahasiswa internasional. Agricamp ini melibatkan mahasiswa inbound dan pascasarjana yang semuanya bersemangat untuk menjelajahi fasilitas pertanian yang luas di ATP IPB University,” ucapnya.

Puji melanjutkan bahwa Agricamp ini memberikan wawasan mendalam tentang kekuatan pertanian dari hulu hingga hilir. Ia mengatakan acara ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa internasional untuk memahami bahwa IPB University bukan hanya ternama dalam dunia pertanian, tetapi juga merupakan kekuatan yang besar dalam mengembangkan inovasi dan pengetahuan di bidang pertanian.

“Harapannya Agricamp ini bisa memberikan kesan positif kepada mereka. Kegiatan ini menjadi bukti bahwa IPB University bukan hanya tempat untuk belajar, tetapi juga destinasi yang tepat bagi mereka yang ingin mendalami ilmu pertanian,” ungkapnya.

Asisten Direktur Penyelenggaraan Pendidikan Internasional, Direktorat Pendidikan Internasional IPB University, Alfiasari, SP, MSi mengungkapkan kegiatan ini menjadi rangkaian perpisahan yang diintegrasikan dengan keberangkatan mahasiswa exchange mulai minggu depan ke negara asalnya.

Ia mengatakan konsep kegiatan ini melibatkan pengenalan beragam area di ATP University seperti kebun jambu kristal, kopi, alpukat, golden melon, perikanan, greenhouse dan plant factory.

“Misi Agricamp ini memperkenalkan bahwa IPB University tidak hanya berfokus pada pembelajaran teoritis, tetapi juga memiliki pendekatan praktis dalam dunia pertanian,” tuturnya.

“Kami ingin menegaskan bahwa kuliah di IPB University bukan hanya diajarkan teori, melainkan juga memberikan pengalaman dunia pertanian yang menarik dan berkesan. (dr/Rz)