FPIK IPB University dan Unram Sepakat Jalin Kerja Sama Majukan Perikanan dan Kelautan di NTB

FPIK IPB University dan Unram Sepakat Jalin Kerja Sama Majukan Perikanan dan Kelautan di NTB

FPIK IPB University dan Unram Sepakat Jalin Kerja Sama Majukan Perikanan dan Kelautan di NTB
Berita

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University dan tiga fakultas dari Universitas Mataram (Unram), yakni Fakultas Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP) secara resmi menandatangani perjanjian kerja sama.

Tujuan utama dari kerja sama ini adalah meningkatkan kolaborasi dan pertukaran pengetahuan di antara kedua institusi. Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dilakukan oleh Prof Fredinan Yulianda selaku Dekan FPIK IPB University dan Dr Syamsul Bahri Agus, Ketua Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK).

Wakil Rektor I Unram, Prof Sitti Hilyana mengungkapkan bahwa kerja sama dengan IPB University sebenarnya telah dilakukan sebelumnya dalam berbagai bidang. Meski demikian, fokus kerja sama yang digagas kali ini lebih spesifik pada sektor perikanan dan kelautan.

“Kerja sama ini sangat penting untuk memperkuat bagaimana sistem pendidikan. Mulai dari riset, pengabdian masyarakat, terutama tri dharma bisa dilaksanakan dengan baik melalui kerja sama dengan pihak yang lebih awal memulai bidang ini,” ujar Prof Hilyana saat acara penandatanganan MoU di Ruang Senat Unram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam kesempatan tersebut, Prof Fredinan Yulianda, Dekan FPIK IPB University menyebut kerja sama ini sebagai langkah strategis. IPB University, dengan jaringan dan keterlibatan eratnya dengan pemerintahan pusat, akan memberikan akses Unram kepada sumber daya, kebijakan dan inisiatif nasional.

Lebih dari itu, kata dia, IPB University juga berkomitmen mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang perikanan dan kelautan.

“Kerja sama ini didasari oleh kepentingan bersama di sektor perikanan dan kelautan. Laut di NTB memiliki potensi yang cukup besar, dan kerja sama ini mencakup berbagai aspek, termasuk perikanan tangkap, budi daya dan wisata bahari,” tandasnya.

Prof Fredinan juga menyebutkan bahwa Unram dapat menjadi tempat magang dan praktik bagi mahasiswa IPB University sekaligus membantu memenuhi tuntutan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dr Syamsul Bahri Agus menambahkan, kerja sama ini terintegrasi dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Departemen ITK IPB University. Ini bertujuan untuk membangun dan memperkaya platform Ocean Knowledge Hub (OKHub), sebuah inisiatif yang telah dibangun selama dua tahun pelaksanaan PKKM.

“Dengan kerja sama ini, diharapkan pengembangan OKHub dapat berlanjut sebagai terobosan penting dari IPB University dalam membangun bidang perikanan dan kelautan di Indonesia,” tambahnya.

Salah satu fokus perjanjian ini adalah penanganan isu terkini di Provinsi NTB, terutama maraknya investasi akuakultur di Lombok. Kedua institusi akan bersinergi dalam penelitian dan pengembangan untuk memahami dampak investasi ini terhadap lingkungan, ekonomi dan masyarakat setempat.

Pembuatan stasiun lapang bersama juga termasuk dalam agenda kerja sama ini. Hal ini diharapkan menjadi pusat kegiatan riset dan pengembangan di bidang perikanan dan kelautan.

Dengan penandatanganan perjanjian ini, diharapkan bahwa kerja sama antara FPIK IPB University dan tiga fakultas Unram akan membawa manfaat besar bagi kedua belah pihak.

Lebih dari itu, diharapkan juga akan memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan pemberdayaan masyarakat di Provinsi NTB, khususnya dalam bidang perikanan dan kelautan. (IQB/RAT/Rz)