Dosen Mengabdi Inovasi IPB University Persembahkan Website Wisata Gunung Dago

Dosen Mengabdi Inovasi IPB University Persembahkan Website Wisata Gunung Dago

Dosen Mengabdi Inovasi IPB University Persembahkan Website Wisata Gunung Dago
Berita

Kontribusi pengabdian masyarakat dapat dilakukan dalam berbagai cara. Salah satunya yang dilakukan oleh tim Dosen Mengabdi Inovasi dari Sekolah Vokasi IPB University dengan merancang website bagi Wisata Gunung Dago. Website tersebut dapat diakses di wisatagunungdago.com

Dosen Mengabdi Inovasi merupakan program Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim IPB University. Tim dosen Sekolah Vokasi terdiri dari Dr Rini Untari, Muh Faturokhman dan Aep Setiawan.

Ketua tim Dosen Mengabdi Inovasi, Dr Rini Untari menyampaikan website wisata dirancang sebagai upaya menjawab kebutuhan dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Cendana sebagai pengelola dari Wana Wisata Gunung Dago.

“Website ini hadir untuk memudahkan wisatawan atau calon wisatawan dalam mengakses informasi mengenai destinasi tanpa batas ruang dan waktu,” ujar Dr Rini saat acara launching di Ruang Bale 3 Wana Wisata Gunung Dago, belum lama ini.

Dosen Sekolah Vokasi IPB University dari Program Studi (Prodi) Ekowisata ini menambahkan, tampilan website dibuat menarik, informatif dan interaktif. Terdapat fitur layanan untuk melakukan reservasi tiket serta layanan jasa lainnya yang disediakan pengelola.

“Website ini dapat diakses menggunakan semua gawai tanpa harus mengunduhnya,” imbuhnya.

Sementara itu, anggota tim Dosen Mengabdi Inovasi, Aep Setiawan menyampaikan beberapa fitur yang terdapat di website wisata. Ia juga mengungkap perlunya pembaharuan secara berkala informasi yang ada dalam website.

“Bagi yang mengakses website dapat mengetahui Wana Wisata Gunung Dago, atraksi wisata, pelayanan akomodasi, fasilitas, saran serta tersambung ke admin untuk pembelian tiket dan reservasi penginapan,” jelas dosen Sekolah Vokasi IPB University dari Prodi Teknologi Rekayasa Komputer.

Tak hanya peluncuran website wisata, narasumber lain dihadirkan untuk menyampaikan materi mengenai lanskap taman, tanaman dan manfaat park therapy serta studi kasus yang berkaitan dengan penataan taman. Materi yang disampaikan Dr Prita Indah Pratiwi sebagai upaya untuk meningkatkan nilai estetika serta penataan taman di Wana Wisata Gunung Dago.

Selain itu, dosen IPB University di Departemen Arsitektur Lanskap ini memaparkan gambaran mengenai jenis tanaman estetik untuk taman dari mulai pohon, semak dan ground cover. Ia juga menjelaskan manfaat taman sebagai terapi bagi kesehatan terutama aspek psikologis dan bermanfaat juga bagi organ tubuh untuk lebih rileks.

“Beberapa penelitian menunjukkan park therapy bermanfaat bagi kesehatan terutama mengurangi stres dan menambah relaksasi pada tubuh,” ujar wanita asal Bandung ini.

Perwakilan pengurus LMDH Cendana, Jaenudin, menyambut positif akan website wisata yang dirancang tim Dosen Mengabdi Inovasi IPB University ini. Ia berharap hadirnya website tersebut bisa menjadi sumber informasi dan semakin memudahkan wisatawan untuk mengenal destinasi termasuk reservasi.

“Materi mengenai lanskap taman ini semoga bisa menjadi inspirasi bagi kami dalam menata kembali taman yang ada di destinasi,” ujarnya. (*/Rz)