Dosen IPB University Bekali Motivasi dan Growth Mindset Bagi Guru dan Tendik SMKS Bhinneka Karya 5 Boyolali

Dosen IPB University Bekali Motivasi dan Growth Mindset Bagi Guru dan Tendik SMKS Bhinneka Karya 5 Boyolali

Dosen IPB University Bekali Motivasi dan Growth Mindset Bagi Guru dan Tendik SMKS Bhinneka Karya 5 Boyolali
Berita

Melalui program Dosen Mengabdi Inovasi (DMI), tim dosen Sekolah Vokasi IPB University menggelar workshop motivasi dan growth mindset di SMKS Bhinneka Karya 5 Boyolali. Workshop tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman, teknik dan alat yang diperlukan kepada guru dan tenaga kependidikan (tendik) agar mereka dapat memberikan dampak positif dalam perkembangan siswa.

“Workshop ini memfokuskan pada strategi untuk meningkatkan motivasi, merumuskan tujuan dan membangun keyakinan diri yang kuat, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pengajaran dan dukungan kepada siswa,” ujar Bayu Widodo, ST, MT dosen Program Studi (Prodi) Teknik Komputer Sekolah Vokasi IPB University selaku ketua tim.

“Agar motivasi yang disampaikan tepat sasaran, sebaiknya mengetahui karakter dasar manusia agar memudahkan dalam memberi dan menerima informasi yang disampaikan,” ujar Dr Wien Kuntari, salah satu narasumber dari Prodi Manajemen Agribisnis SV IPB University yang menyampaikan bagaimana memahami personality seseorang.

Hal tersebut sejalan dengan yang disampaikan oleh Dewi Yuningrih, SPd, MPd bahwa tenaga pendidik untuk terus mengembangkan diri dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan keilmuannya.

Uding Sastrawan, SP, MSi turut menyampaikan pentingnya sertifikasi kompetensi untuk mendorong dan mempersiapkan SMK Bhinneka Karya 5 Teras sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK). SMK PK sendiri merupakan sebuah langkah penting dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk menjadi tenaga kerja yang unggul dan kompeten di dunia industri.

“Melalui kepemilikan sertifikasi, diharapkan dapat mendorong siswa supaya mendapatkan sertifikat kompetensi sesuai bidang prodi di SMK bersangkutan,” ujar Uding. Begitu pula yang disampaikan Sihhono, bahwa sertifikasi kompetensi bisa memotivasi dan memiliki growth mindset lebih baik untuk mengajar dan memberikan bimbingan pada siswa.

“Alhamdulillah pada tahun ini masih mendapat kesempatan dalam program Dosen Mengabdi Inovasi dengan menggelar workshop motivasi dan growth mindset. Pada akhir-akhir ini, semangat para guru di lingkungan SMK swasta agak menurun. Oleh karena itu, untuk menumbuhkan kembali semangat sangat relevan dengan diadakannya kegiatan ini,” ungkap dia.

Menurut salah satu guru, Deny Prihasanti, materi yang diberikan sangat bermanfaat. Motivasi dan inovasi pendidik dapat menumbuhkan jiwa profesionalisme bagi guru dan tendik, sertifikasi kompetensi bagi siswa SMK sangat dibutuhkan sebagai bekal dan mempersiapkan lulusan. “Semoga tahun depan masih diberikan kesempatan dengan diadakannya pendampingan,” tuturnya. (*/Rz)