Departemen PSP IPB University Tandatangani PKS dengan Pemkab Kebumen

Departemen PSP IPB University Tandatangani PKS dengan Pemkab Kebumen

Departemen PSP IPB University Tandatangani PKS dengan Pemkab Kebumen
Berita

Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen. Program kerja sama mencakup bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Prof Tri Wiji Nurani, dosen Departemen PSP IPB University sekaligus putra daerah Kabupaten Kebumen tergerak untuk memberikan sumbangsih dalam bentuk pemikiran ataupun aksi nyata. Diawali dari program Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) IPB tahun 2022 dan perpanjangan nota kesepahaman (MoU).

“Pada tahun 2023, IPB University telah mengirimkan sebanyak 78 mahasiswa untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Inovasi yang tersebar di 8 desa di Kebumen, khususnya di wilayah desa pantai. Tahun ini, program Dosen Mengabdi Inovasi kembali dilaksanakan di Kebumen,” ujarnya.

Sejumlah program kerja sama dirancang secara berkelanjutan dalam kerangka mewujudkan pengelolaan dan pembangunan desa pantai menjadi Desa Perikanan Tangkap Maju.

“Kebumen memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah mencakup
lahan untuk pertanian, peternakan dan wilayah perairan baik perairan darat, sungai maupun perairan laut. Sumber daya laut yang dimiliki oleh Kabupaten Kebumen seharusnya dapat menjadi potensi yang dapat dimanfaatkan bagi
kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kebumen Drs Aden Andri Susilo, MSi menyampaikan ketertarikan terhadap program-program yang dikemukakan oleh pihak FPIK IPB University.

“Salah satu desa yang potensial menjadi lokus kerja sama yaitu Desa Jogosimo yang merupakan wilayah penangkaran penyu dan konservasi,” ujarnya usai penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) di Gedung Bappeda Kabupaten Kebumen.

Oleh karena itu, lanjut dia, diperlukan kolaborasi antara penangkaran, konservasi, penangkapan sekaligus pariwisata. Ia juga menekankan rencana detail perlu dibuat agar gagasan kerja sama dapat diimplementasikan secara riil di lapangan.

Dr Iin Solihin, Sekretaris Departemen PSP IPB University menambahkan, penandatanganan PKS ini menjadi tindak lanjut dalam rangka implementasi kerja sama antara FPIK IPB University dengan Pemkab Kebumen.

Ia mengurai, program kerja sama yang terkait dengan pendidikan di antaranya adalah penyusunan materi pembelajaran mengenai potensi wilayah pesisir Kabupaten Kebumen untuk siswa pendidikan dasar dan menengah.

“Untuk lingkup penelitian di antaranya yaitu penyusunan penelitian bersama untuk pengembangan ekonomi desa-desa pesisir berbasis potensi kelautan dan perikanan melalui inovasi teknologi penangkapan ikan, budi daya, serta pengolahan ikan,” ungkap Dr Iin.

Adapun lingkup pengabdian kepada masyarakat, program berkaitan dengan penyuluhan dan pendampingan masyarakat pesisir oleh dosen dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Bina Desa untuk mahasiswa. (*/Rz)