Usung Inovasi Kolagen-Gelatin Halal, Prof Mala Nurilmala Raih Juara Kedua Academic Leaders 2023

Usung Inovasi Kolagen-Gelatin Halal, Prof Mala Nurilmala Raih Juara Kedua Academic Leaders 2023

Usung Inovasi Kolagen-Gelatin Halal, Prof Mala Nurilmala Raih Juara Kedua Academic Leaders 2023
Prestasi

Prof Mala Nurilmala, Guru Besar IPB University dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) berhasil menjadi pemenang kedua dalam Academic Leaders bidang Kemaritiman. Penghargaan tersebut diraihnya setelah mengusung inovasi kolagen-gelatin halal untuk pangan, kosmetik dan farmasi.

Ia berharap ajang ini dapat menjadi penyemangat bagi dosen dalam berkarya, berinovasi dan berkontribusi secara kolektif, baik dengan mahasiswa maupun kolega secara nasional dan global sesuai dengan keilmuan masing-masing. Dengan demikian, setiap karya para akademisi di kampus dapat dirasakan manfaatnya secara luas.

“Academic Leader merupakan peluang promosi keilmuan dan prestasi yang kita punya dan menjadi trigger bagi kolega lainnya untuk berkiprah secara nasional dan internasional,” ucapnya.

Ia menyebut, para dosen yang dinobatkan tidak hanya dipilih karena capaian tridharma yang meliputi kecemerlangan dalam pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Akan tetapi juga berdasarkan kapasitas kepemimpinan dalam keilmuan serta rekam jejak dalam membangun jejaring nasional dan global.

“Melalui ajang ini, semoga generasi yang akan datang peduli terhadap lingkungan sekitarnya dengan berkontribusi melalui keilmuan yang dimiliki, sehingga keberadaan akademisi dapat dirasakan dan dibutuhkan dalam pengembangan bangsa menuju Indonesia Emas 2045,” tandasnya.

Sebelum mendapat penghargaan Academic Leaders, sebanyak 16 penghargaan pernah diterima Guru Besar IPB University ini. Beberapa di antaranya adalah Gelar Inovasi Daerah Bogor 2022, penghargaan DIKTI tentang artikel ilmiah berkualitas tinggi dan penulis produktif tahun 2021. Ia juga pernah meraih juara 1 inovasi daerah pada 2019.

Sejak 2019 hingga 2023, total ada 15 penelitian bidang kemaritiman, 10 penelitian di antaranya diketuai oleh Prof Mala. Hingga saat ini, ada 55 artikel ilmiah internasional karya Prof Mala yang terindeks scopus.

Pengalamannya menjadi speaker skala nasional dan internasional tidak diragukan lagi. Sejak tahun 2020, Prof Mala tercatat 51 kegiatan menjadi speaker dalam bidang keilmuannya. Tohoku University Jepang sering kali mengundangnya menjadi dosen tamu. Ia juga pernah menjadi dosen tamu di Wageningen University Research, Belanda dan Universitas Norwegia. (dh/Rz)