PPK Ormawa REESA IPB University Hadirkan Pelatihan Pembuatan Sabun Ekoenzim

PPK Ormawa REESA IPB University Hadirkan Pelatihan Pembuatan Sabun Ekoenzim

PPK Ormawa REESA IPB University Hadirkan Pelatihan Pembuatan Sabun Ekoenzim
Student Insight

Lewat Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa), Resource and Environmental Economics Student Association (REESA) IPB University melakukan pelatihan pembuatan sabun ekoenzim. Kegiatan berlokasi di Desa Cibanteng, Kecamatan Ciampea, Bogor, Jawa Barat.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan warga Cibanteng dapat mengetahui tentang produk turunan ekoenzim seperti sabun. Bahkan, mereka pun dapat membuat sendiri sabun ekoenzim.

“Pelatihan sabun ekoenzim ini merupakan langkah nyata meningkatkan kesadaran masyarakat tentang praktik dan produk ramah lingkungan. Tentunya hal ini juga akan memberikan dampak positif terhadap lingkungan,” ungkap Yuli Yulianti, salah satu perwakilan mahasiswa.

Kegiatan dihadiri oleh warga Desa Cibanteng, terutama ibu-ibu. Pada kegiatan tersebut, mereka antusias mengikuti pelatihan. Yuli berharap, pengetahuan yang didapatkan warga dari pelatihan ini bisa terus dikembangkan, bahkan diimplementasikan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

Sari Rachmawati, seorang ahli di bidang produk ramah lingkungan yang hadir sebagai narasumber menyampaikan, “Produk sabun ekoenzim ini tidak menimbulkan efek panas terhadap kulit karena terbuat dari bahan yang ramah lingkungan.”

Hal itu, kata dia, membuktikan bahwa sabun ekoenzim memiliki nilai tambah tersendiri sebagai produk ramah lingkungan. Penjelasannya tersebut membuat para warga menjadi lebih tahu keunggulan sabun ekoenzim ini. (*/Rz)