Peringati World One Health Day, IPB University Gelar Kuliah Umum Bahas Pengendalian Penyakit Hewan Menular

Peringati World One Health Day, IPB University Gelar Kuliah Umum Bahas Pengendalian Penyakit Hewan Menular

Peringati World One Health Day, IPB University Gelar Kuliah Umum Bahas Pengendalian Penyakit Hewan Menular
Berita

Global Health Agromaritime and One Health Collaborating Center (GHA-OHCC) IPB University mengadakan Kuliah Umum One Health secara daring, Sabtu (4/11). Tema yang diangkat dalam kuliah umum ini adalah ‘Pendekatan One Health dalam Sistem Kesehatan Hewan sebagai bentuk Pengendalian Penyakit Hewan Menular’.

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati The 8th World One Health Day yang jatuh pada tanggal 3 November 2023. Tujuan dari kuliah umum ini adalah memberikan wawasan konsep one health sebagai salah satu bentuk pengendalian penyakit hewan menular. Kuliah umum dihadiri oleh 294 peserta yang terdiri atas mahasiswa dan masyarakat umum dari seluruh Indonesia.

Dr drh Nuryani Zainuddin selaku Direktur Kesehatan Hewan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian (Kementan) RI dalam sambutannya mengatakan, Indonesia menjadi salah satu hotspot dari emerging infectious disease atau penyakit infeksius baru (PIB). Hingga kini, banyak sekali pemberitaan terkait penyakit zoonosis yang terus mengancam.

“Inilah yang menjadi kepentingan kita semua dan perlu diketahui peran dari dokter hewan. Domain dari kedokteran hewan adalah semua kegiatan yang secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan hewan, produk dan hasil sampingnya, yang membantu melindungi, memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam hal ini termasuk melalui perlindungan kesehatan hewan dan kesejahteraan hewan, serta keamanan pangan,” jelasnya.

Turut hadir Koordinator GHA-OHCC IPB University yang juga Pejabat sementara (Pjs) Dekan Fakultas Kedokteran IPB University, Prof drh Srihadi Agungpriyono memberikan sambutan dan dosen Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University, drh Diah Nugrahani Pristihadi, MSi yang memandu jalannya diskusi.

“Informasi yang disampaikan oleh narasumber kali ini tentunya sangat bermanfaat bagi kami, baik dari institusi pemerintah, daerah, akademisi, mahasiswa dan juga masyarakat. Bagaimana peranan one health dalam menghadapi ancaman zoonosis dan PIB serta alur kerja dari Sistem Kesehatan Hewan Nasional (Siskeswanas) sebagai bentuk nyatanya,” ucap salah satu peserta kuliah umum. (*/Rz)