Mahasiswa IPB University Adakan Kelas Pantai bagi Anak-anak Nelayan

Mahasiswa IPB University Adakan Kelas Pantai bagi Anak-anak Nelayan

Mahasiswa IPB University Adakan Kelas Pantai bagi Anak-anak Nelayan
Student Insight

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa), Himpunan Mahasiswa Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (Himafarin) IPB University telah melaksanakan berbagai program di Desa Sangrawayang, Sukabumi. Salah satu program yang dijalankan adalah pembentukan kelompok belajar yang diberi nama ‘Kelas Pantai’.

Dr Retno Muninggar, dosen pembimbing tim Himafarin IPB University, menjelaskan, kelompok belajar ini merupakan salah satu inovasi sosial yang digunakan Tim PPK Ormawa Himafarin dalam menggaet anak nelayan di Desa Sangrawayang. Ia menjelaskan, kelompok belajar ‘Kelas Pantai’ ini dihadiri oleh anak nelayan yang berusia 6 hingga 12 tahun.

“Kegiatan Kelas Pantai ini berisi pembelajaran layaknya di dalam kelas tetapi dikemas dalam bentuk yang lebih menyenangkan. Pembelajaran ini rutin dilaksanakan setiap minggunya, pada hari Sabtu atau Minggu,” kata Retno, dosen IPB University dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Dosen IPB University itu melanjutkan, Kelas Pantai ini dibentuk dengan tujuan meningkatkan minat belajar anak nelayan di Desa Sangrawayang. Dengan demikian, anak-anak memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Rencananya, kata Retno, kegiatan pembelajaran ini juga akan menggaet para remaja Desa Sangrawayang untuk ikut berperan menjadi guru atau mentor. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat nelayan Desa Sangrawayang terkait pentingnya pendidikan.