IPB University Luncurkan Program Deposito Wakaf BSI Seri Alumni, Bantu Biaya Pendidikan Mahasiswa

IPB University Luncurkan Program Deposito Wakaf BSI Seri Alumni, Bantu Biaya Pendidikan Mahasiswa

IPB University Luncurkan Program Deposito Wakaf BSI Seri Alumni, Bantu Biaya Pendidikan Mahasiswa
Berita

Pada Minggu, (26/11), Badan Pengelola Bisnis, Investasi dan Wakaf (BP Biswaf) IPB University bersama PT Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Dewan Pengurus Pusat Himpunan Alumni (DPP HA) meluncurkan program deposito wakaf seri alumni.

Peluncuran dilakukan pada acara Malam Puncak Reuni Akbar 60 Tahun IPB University di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor (26/11). Program deposito wakaf seri alumni tersebut dinamai dengan Nazhir IPB-BSI-01-Alumni IPB.

Deposito wakaf seri Nazhir IPB-BSI-01-Alumni IPB merupakan program wakaf uang sementara melalui skema deposito cash waqf linked deposit (CWLD). Program tersebut ditujukan untuk membantu biaya pendidikan bagi para mahasiswa IPB University. Hal itu untuk mencegah terjadinya putus kuliah karena adanya kendala biaya.

“Program deposito wakaf seri Nazhir IPB-BSI-01-Alumni IPB adalah inovasi keuangan sosial syariah pertama di Indonesia berkonsep CWLD dengan masa penawaran dimulai pada tanggal 25 November 2023 sampai dengan 26 Januari 2024,” ungkap Dr Naufal Mahfudz, Kepala BP Biswaf IPB University.

Beberapa benefit seri program Nazhir IPB-BSI-01-Alumni IPBantara lain waktunya singkat, hanya selama satu tahun. Benefit lainnya yaitu 100 persen dana pokok kembali, dikelola oleh nazhir kredibel dan amanah (BP Biswaf). Di samping itu, nisbah bagi hasil akan disalurkan pada program beasiswa untuk mahasiswa IPB University.

Pengumpulan wakaf uang ditargetkan mencapai Rp 100.000.000.000 dengan target penerima adalah 500 mahasiswa IPB University. Dalam acara Reuni Akbar 60 Tahun IPB University yang telah berlangsung sejak Sabtu (25/11), jumlah komitmen deposito wakaf yang telah terhimpun adalah sebesar lebih dari Rp 1 Miliar.

Dr Naufal menjelaskan, kerja sama program deposito wakaf BSI seri Nazhir IPB-BSI-01-Alumni IPB melingkupi pemasaran dan penyaluran wakaf melalui produk BSI Deposito Wakaf. Hasilnya akan diserahkan kepada BP Biswaf selaku nazhir untuk selanjutnya didistribusikan kepada mahasiswa IPB University sebagai mauquf alaih (penerima manfaat) dalam bentuk beasiswa.

“Deposito wakaf merupakan salah satu skema yang sangat baik untuk dikembangkan dalam perwakafan nasional. Kami mengajak seluruh alumni IPB University untuk berpartisipasi dalam skema deposito wakaf seri Nazhir IPB-BSI-01-Alumni IPB ini,” pungkasnya. (*/Rz)