IPB University Gelar Workshop Pengelolaan Data Kerjasama Internasional

IPB University Gelar Workshop Pengelolaan Data Kerjasama Internasional

IPB University Gelar Workshop Pengelolaan Data Kerjasama Internasional
Berita

Tiga unit kerja di IPB University yaitu Direktorat Konektivitas Global bekerjasama dengan Direktorat Pendidikan Internasional dan Direktorat Kerjasama menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Data Kerjasama Internasional pada 13/11 di IPB International Convention Center, Bogor. Workshop tersebut bertujuan meningkatkan pengelolaan data kerjasama agar semakin terstruktur dan terintegrasi.

Workshop dibuka oleh Prof Iskandar Z Siregar selaku Wakil Rektor Bidang Konektivitas Global, Kerjasama, dan Alumni. “Kita harus saling bekerja sama untuk meningkatkan reputasi IPB,” ungkapnya.

Ia menekankan terkait kontribusi masing-masing unit dalam pengisian data kerja sama. “Saya berharap dengan dilaksanakannya workshop ini, IPB University memiliki basis data yang kuat sehingga dapat meningkatkan kolaborasi dan kerja sama global,” tutur Prof Iskandar.

Asisten Bidang Transformasi Digital Lembaga Manajemen Informasi dan Transformasi Digital (LMITD), Dean Apriana Ramadhan, SKom, MKom yang hadir sebagai narasumber memaparkan mengenai Alir Data Sistem Informasi Kerjasama (SIKA) dan Sistem Informasi Manajemen data World Ranking University (SIMWUR), baik sumber data maupun sistem yang terkait.

Narasumber kedua, Dr Eva Anggraini, Direktur Konektivitas Global menyampaikan bahwa data di SIKA dan SIMWUR sangat penting antara lain sebagai basis data Indeks Kinerja Universitas (IKU) dan World University Rankings (WUR).
“Ranking IPB di WUR yang semakin baik akan semakin membuka peluang kerja sama dengan mitra kelas dunia,” tuturnya.

Ia melanjutkan, data yang perlu direkam pada SIMWUR meliputi data kegiatan inbound dan outbound (full time dan part time), baik untuk staf maupun yang dilakukan oleh mahasiswa. Sedangkan di SIKA perlu direkam berbagai kerjasama IPB baik nasional maupun internasional.

Narasumber lainnya, Puji Mudiana, SP, MA, Direktur Pendidikan Internasional, menyampaikan materi mengenai Pengelolaan Data Pendidikan Internasional.

“Pengelolaan data ini penting karena dapat meningkatkan posisi tawar IPB dan merekam aktivitas mahasiswa pada kegiatan internasional”, ucapnya.

Sementara, Dr Jaenal Effendi, Direktur Kerjasama, membahas pengolahan data kerjasama nasional. “Setiap unit diharapkan melakukan pelaporan kerja sama dengan mitra sampai tahap MoU maupun perjanjian kerja sama”, ungkapnya.

Sesi diskusi dipimpin oleh Asisten Direktur Layanan Program Internasional Direktorat Konektivitas Global IPB University, Drh Dordia Anindita Rotinsulu, MSc. “Temuan kasus yang disampaikan peserta dapat menjadi masukan bagi kami dalam menjalankan penginputan data SIKA dan SIMWUR”, ujar Dordia. (Lp)