Himiteka IPB University Edukasikan Kehidupan Kampus dan Persiapan Karir melalui Marine Career Talk 2023

Himiteka IPB University Edukasikan Kehidupan Kampus dan Persiapan Karir melalui Marine Career Talk 2023

Himiteka IPB University Edukasikan Kehidupan Kampus dan Persiapan Karir melalui Marine Career Talk 2023
Student Insight

Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himiteka) IPB University sukses melaksanakan program kerja Marine Career Talk. Acara ini merupakan rangkaian seminar di bidang kelautan dengan tema “Optimalisasi Pengelolaan Perikanan dan Pengembangan Teknologi guna Mendukung Pembangunan Indonesia Berkelanjutan”. Kegiatan bertempat di Hotel Amaroossa, Bogor.

Kegiatan tersebut merupakan wadah untuk mengedukasi kehidupan kampus serta persiapan karier dalam sektor perikanan khususnya kelautan dengan menghadirkan delapan narasumber ahli dari berbagai latar belakang mulai dari akademisi, pemerintah, hingga Non-Government (NGO).

Dr Kusdiantoro,Sekretaris Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan hadir sebagai keynote speaker pada kegiatan tersebut. “Terkait tantangan pertumbuhan penduduk yang luar biasa tahun 2050, pertumbuhan pangan seperti deret ukur. Jumlah ikan di laut menjadi tidak terbatas, budidaya pun menjadi salah satu cara untuk mengelola perikanan,” tuturnya.

Ia melanjutkan, dari sekian banyak komoditas, ikan menjadi yang paling unggul. Hal tersebut menunjukkan suatu peluang untuk menyiapkan protein yang lebih berkelanjutan.

Ketua pelaksana Marine Career Tak 2023, Nicky Nugianto mengatakan dirinya sangat bersyukur dan puas dengan kesuksesan program kerja Marine Career Talk 2023 ini. “Terima kasih kepada semua panitia yang telah berkontribusi dan hadir dalam acara ini. Semoga informasi yang diperoleh dapat memberikan manfaat besar bagi perkembangan sektor perikanan dan kelautan di Indonesia,” ucapnya.

Nicky menyampaikan seluruh rangkaian acara Marine Career Talk terbagi menjadi tiga sesi. Pada sesi pertama yang mengulas seputar isu dan upaya dalam mendukung pembangunan Indonesia yang berkelanjutan melalui sektor perikanan dan kelautan. Sesi kedua yang bertema “The Future of Marine Science and Technology”.

“Sesi ketiga merupakan kegiatan seminar Marine Mapping Club (MMC) bertema ‘Menelusuri Potensi Kekayaan Bahari Pulau Lancang dalam Mendukung Keberlanjutan Sumber Daya Laut Indonesia’, seminar Konservasi dan Survei Lapang Kelautan (Konsuv) 2023 bertema ‘Rehabilitasi dan Upaya Pemaksimalan Potensi Ekosistem Mangrove secara Berkelanjutan di Desa Karangjaladri, Pangandaran’; serta seminar Ekspedisi HIMITEKA VIII bertajuk ‘Eksplorasi Marine Protected Area (MPA) dan Hubungan dengan Sektor Perikanan dan Kelautan di Wilayah Taman Nasional Bali Barat,” ungkapnya.