Gelar Studium Generale, IKA Faperta IPB University Sediakan Beasiswa dan Magang Bersertifikat

Gelar Studium Generale, IKA Faperta IPB University Sediakan Beasiswa dan Magang Bersertifikat

Gelar Studium Generale, IKA Faperta IPB University Sediakan Beasiswa dan Magang Bersertifikat
Berita

Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian (IKA Faperta) IPB University menyelenggarakan kegiatan Studium Generale 2023 yang berlangsung di Ruang Kuliah OFAC 4B11, Kampus Dramaga (5/11). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa aktif Faperta dalam mempersiapkan diri menuju pascakampus.

Mengusung tema ‘Career Planning: Getting Fit for Today, Ready for Tomorrow’, kegiatan ini juga memberikan gambaran program-program unggulan IKA Faperta yang dapat menunjang skill dan karier mahasiswa selama di perkuliahan.

Ketua Umum IKA Faperta IPB University, Octen Suhadi, SP, MM menyampaikan dukungan kepada mahasiswa Faperta melalui program yang telah disiapkan. “IKA Faperta memiliki program Beasiswa Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA) yang diperuntukkan khusus bagi mahasiswa aktif Faperta. Kurang lebih sebanyak 1,8 miliar rupiah sudah tersalurkan sejak program ini berlangsung,” ungkapnya.

Selain program beasiswa, IKA Faperta IPB University juga berkomitmen untuk mendorong mahasiswa Faperta agar meningkatkan kapasitas diri melalui kegiatan ‘Upgrading Self Value’. Dalam kesempatan ini, IKA Faperta menggandeng Fitriyah Desriyanti, SKPm, Human Resource Business Partner PT Equator Global Internasional untuk memberikan strategi dan tips menghadapi pascakampus.

“Untuk mempersiapkan diri menuju dunia kerja, hal pertama yang perlu dipahami adalah mengetahui apa yang menjadi minat dan keterampilan dalam diri. Kemudian melakukan observasi terhadap persyaratan dan perusahaan yang dituju, membuat CV yang menarik, mempersiapkan mental dan psikologi, serta rutin berlatih melakukan simulasi wawancara,” ucapnya.

Melalui kegiatan Studium Generale, IKA Faperta IPB University juga memperkenalkan program magang bersertifikat yang bekerja sama dengan mitra. Fokus bidang peminatannya yaitu pertanian, peneliti perkebunan, pertamanan (lanskap), project developer dan perbankan.

“Pada tahun ini, IKA Faperta telah berhasil mengantarkan sejumlah 27 mahasiswa terbaik Faperta IPB University untuk mengikuti program magang,” tutur Ainun Fiki, Pengurus IKA Faperta.

Mahasiswa tersebut tersebar di PTPN III Holding Perkebunan Nusantara (7 orang), PT Bumitama Gunajaya Agro (2 orang), PT Cisarua Mountain Dairy/Cimory (3 orang), PT Paramount Enterprise International (2 orang), PT Melrimba Sentra Agrotama (3 orang) dan Sadifa Farm (10 orang).

Kepala Badan Beasiswa, Akademik dan Kemahasiswaan IKA Faperta IPB University, Dewi Anne Andhida mengungkapkan pihaknya akan terus mendorong mahasiswa dan berkomitmen untuk meningkatkan jumlah penerima manfaat sekaligus mitra pada program magang bersertifikat tersebut. (*/Rz)